Camat Cibinong Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

CEGAH BANJIR, WARGA HARUS BIKIN LUBANG BIOPORI

Kabarindoraya.com – Masyarakat Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor diberikan penyuluhan dan praktek pembuatan lubang resapan air (Biopori) oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bogor di Lapangan Fasum/Fasum RW.13 Harapan Jaya, Kamis (13/10) pagi.

Camat Cibinong Bambang W. Tawaqal mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan hidup dengan cara yang salah satunya adalah pembuatan lubang resapan Biopori. “Banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat hingga generasi yang akan datang, diantaranya dapat mengurangi genangan air, menyerap air, membuat tanah subur, dan menghasilkan kompos organik,” ajaknya didampingi Kasubid Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Jopie Hermawan, ST.

Dilokasi yang sama, Lurah Harapan Jaya, Irna Yulistina berharap masyarakat dapat berperan serta di lingkungan permukiman masing-masing dalam pelestarian lingkungan hidup. “Saya mengajak warga di 14 RW aktif, satu rumah dibuat delapan lubang resapan biopori. Ada 45 alat bor ada dikantor Lurah akan dipinjamkan ke setiap RW,” harapnya.

Dilokasi yang sama, Ketua RW.13 M.Amin menyambut baik program pembuatan lubang resapan air Biopori. “Wilayah RW 12 dan 13 memang langganan banjir. Kali Citaru, Cibaru dan Kali Baru aliran Setu Cikaret yang selalu meluap saat hujan deras. Semoga program ini mampu meminimalisir dampak banjir dan ketersediaan air tanah,” ungkapnya.

Usai sosialisasi yang disampaikan oleh narasumber dari Yayasan Peduli Konservasi Alam, puluhan masyarakat beserta pengurus RT dan RW setempat langsung mempraktikan pembuatan lubang resapan di permukiman masing-masing. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di 6 Kecamatan wilayah Kabupaten Bogor. (Sofwan/Als)

Related posts

Leave a Comment