Ini Alasan Renovasi Gedung Setda 18 Miliar

Ini Alasan Renovasi Gedung Setda 18 Miliar

Cibinong, kabarindoraya.com

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Makmur Rozak menjelaskan bahwa renovasi gedung Setda sebesar Rp18 miliar layak dilakukan tahun ini karena telah direncanakan sejak 2014. Bangunan itu juga tak pernah tersentuh renovasi total sejak 1989 saat komplek perkantoran Pemkab Bogor dibangun.

“Gedung Setda dibangun sejak 1989 dan sejak itu belum pernah ada renovasi total di gedung ini,” kata Makmur kepada wartawan, Rabu (29/3).

Alasan lainnya adalah desain gedung Setda sebelumnya tanpa memakai AC karena saat itu Cibinong masih berudara sejuk beda dengan saat ini seiring perkembangan waktu telah berubah dan perlu pakai AC.

“Ruangan sudah banyak yang bocor, dari sisi teknik kelistrikan dan perpipaan juga sudah tidak layak. Ruangan juga saat itu didesain tanpa AC kan beda dengan sekarang yang perlu AC dan teknik Arsitektur lainnya yang lebih modern,” kata Makmur.

Terkait pembangunan auditorium di gedung Setda, Makmur menerangkan kebutuhan ruang publik yang layak sangat dibutuhkan karena seringkali kegiatan masyarakat bersamaan namun ruang pertemuan tidak cukup.

“Itu seringkali terjadi. Makanya harap dimaklumi jika kita perlu ruang pertemuan lebih banyak lagi dari sebelumnya yang layak. Ini juga membantah bahwa ruang pertemuan itu hanya dipakai untuk kebutuhan pemerintah saja, banyak sekali masyarakat umum memakai gedung pertemuan Pemerintah dan kita terbuka untuk itu,” terangnya.

Makmur menambahkan, rencananya renovasi akan dimulai dari Blok C gedung Setda sebelah kanan belakang yang akan ditutup dengan auditorium.

“Mulainya dari Blok C dulu setelah itu baru Blok B dan A. Makanya renovasi bertahap tapi tahun ini dengan Rp 18 miliar mulai dari Blok C dulu. Sekarang aktivitas di blok C ini jg sudah dikosongkan dan memindahkan ruang bagian hukum, kerjasama daerah ke blok B dan A,” tandasnya.n HK/wan

Related posts

Leave a Comment