Gerakan Menanam 15.000 Pohon di Desa Cadas Ngampar

Bogor Kabarindoraya.com– Gerakan menanam 15.000 pohon guna menjaga keseimbangan alam dan merupakan langkah untuk mengmbalikan bumi menjadi hijau kembali. Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong, CSR, PT. Astra Otopart Regional Bogor dan CSR, PT. Golf Bogor Raya bersama sama menanam pohon di kampung Bubulak Rt. 02/03 Desa Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor (30/3/2017)

Menurut Irfan Rivani Ma’rief selaku Ketua Pelaksana ,Gerakan menanam Lima Belas Ribu pohon merupakan salah satu bagian dari program kerja Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang bekerjasama dengan SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong, CSR, PT. Astra Otoparts Regional Bogor dan CSR, PT. Golf Bogor Raya.,dalam rangka menyambut Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 21 April 2017. Hari Bumi merupakan refleksi sebuah kesadaran individu dan cerminan bentuk kepedulian sosial yang bertujuan untuk mengajak orang peduli terhadap lingkungan hidup. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi. Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga kini yang selayaknya sudah seharusnya di programkan.

Di tambahkan oleh Suryadi selaku Ketua Umum Karang Taruna Kecamatan Sukaraja, “Gagasan menanam pohon ini akan berlanjut di Desa-Desa Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, setelah ini penanaman pohon di Desa Gunung Geulis, Cibanon, Sukatani, Cimandala dan puncak acara gerakan menanam lima belas ribu pohon akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2017 di Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor”. Lanjutnya. Ia mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Cadas Ngampar, Camat Sukaraja, SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong, CSR PT. Astra Otoparts Regional Bogor, CSR PT. Golf Bogor Raya, Dinas Lingkungan Hidup, Karang Taruna Mekar Jaya Desa Cadas Ngampar, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang telah menyumbangkan bibit Pohon”. Tambahnya.

Selanjutnya, Hartoko Krido Handoko selaku Koordinator CSR, PT. Astra Otopart Regional Bogor mengungkapkan program CSR peduli lingkungan dalam bentuk penanaman pohon yang secara rutin setiap tahunnya. Hartoko Krido Handoko berharap kedepannya PT. Astra Otoparts dapat lebih banyak lagi berbuat untuk lingkungan sesuai dengan visi kami di tahun 2020 yaitu menjadi Trend of the Nation, “Kedepannya kami berharap kegiatan ini dapat di tingkatkan agar bisa menjadi kebanggaan bangsa”. Harapnya.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Negara Lingkungan Hidup sangat peduli pada isu lingkungan hidup tersebut. Untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan Kementrian Negara Lingkungan Hidup menggulirkan program Adiwiyata, yang mana program ini bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Dari program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.
Woro Januati selaku Koordinator Sekolah Berwawasan Lingkungan Adiwiyata sekaligus Kepala Bank Sampah SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong menyambut dengan baik program yang digulirkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, Adanya program Adiwiyata ini dapat membangkitkan kesadaran warga sekolah untuk peduli kepada lingkungan, sehingga akan tercipta sekolah yang berbudaya peduli lingkungan, yang pada gilirannya nanti akan berimbas pula kepada masyarakat di lingkungan luar sekolah untuk peduli pada kelestarian lingkungan. Jadi, tidak hanya warga sekolah yang melakukan kegiatan ini tapi juga masyarakat luas diharapkan melakukan kegiatan peduli lingkungan. Karena persoalan lingkungan hidup adalah persoalan kita bersama. “SD Islam Al Azhar 27 Cibinong merupakan salah satu dari sekian sekolah yang ditunjuk Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk menggulirkan program Adiwiyata ini. Bersama PT Astra Otoparts Regional Bogor selaku CSR kami, SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong pun mulai menata lingkungan sekolahnya, bukan hanya sarana-prasarananya tapi juga sumber daya manusianya. Bagi kami, tim koordinator Adiwiyata, bukan perjuangan yang mudah untuk membangun kesadaran warga sekolah untuk peduli lingkungan. Tak jarang kami tim Adiwiyata harus bekerja sendiri di sekolah. Dalam artian, sedikit sekali dukungan warga sekolah yang mensuport program ini”. Ujarnya
Ia pun menambahkan, “Gerakan Menanam Lima Belas Ribu Pohon merupakan bagian dari kegiatan program Adiwiyata Mandiri yang mana setiap sekolah Adiwiyata Mandiri diwajibkan melakukan pembinaan kepada 10 sekolah binaan dan melakukan pengabdian terhadap masyarakat. Dalam gerakan penanaman lima belas ribu pohon ini SD Islam Al Azhar 27 Cibinong bekerjasama dengan Warga Desa Cadas Ngampar dan Desa-Desa Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor dimana kegiatan ini dimotori oleh Karang Taruna Kecamatan Sukaraja selaku pelaksana di lapangan” Tegasnya.
Pada kesempatan yang sama H. Darsono selaku Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Azhar mengatakan pentingnya pohon untuk anak-cucu kita dimasa depan dan kami di sekolah selalu mengajarkan akan pentingnya menjaga lingkungan dalam hal ini lingkungan hidup. Acara kegiatan Gerakan Menanam Lima Belas Ribu Pohon ditandai dengan saling tukar cendramata sebagai simbol kerjasama, komitmen bersama, dan sinergisitas dalam upaya menghijaukan bumi pertiwi yang dilakukan oleh enam elemen yakni Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Muspika Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar, CSR PT. Astra Otoparts Regional Bogor, dan tiga belas Kepala Desa Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang diwakilkan oleh Kepala Desa Cadas Ngampar.
Hadir juga dalam acara ini ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi atau yang lebih akrab disapa Jaro Ade, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bogor, TKSK Dinas Sosial Kab. Bogor, Muspika Kecamatan Sukaraja dan tiga belas Kepala Desa Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Camat Cibinong, Kapolsek Sukaraja, Danramil Sukaraja, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar, Direksi PT. Astra Otoparts Regional Bogor, Manajemen PT. Golf Bogor Raya, Manejemen PT. Astra Otoparts Regional Bogor, Manajemen PT. Galinium Pharmasia, Kepala Sekolah SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong, Direktur Al-Azhar Peduli Umat, Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Karang Taruna Mekar Jaya Desa Cadas Ngampar, Karang Taruna Cibinong, Karang Taruna Mandala Desa Cimandala, Karang Taruna Bougenville Desa Pasirlaja, Karang Taruna Se-Kecamatan Sukaraja Kab. Bogor, Ketua RW dan RT Se-Desa Cadas Ngampar, UKM Pemerhati Lingkungan Hidup Khatulistiwa Paramadina, Komunitas Gerakan Pemuda Bubulak, Komunitas Peduli Ciliwung, Komunitas Trash Bag, Komunitas Tangkap Nature Center, Bank Sampah Di Hati 27 Al-Azhar Cibinong, Pengurus Jamiyyah SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong dan dimeriahkan juga oleh ratusan murid-murid SD Islam Al-Azhar 27 Cibinong.
Murid-murid Sekolah Dasar yang terlibat langsung dalam kegiatan gerakan menanam lima belas ribu pohon ini sangat bersemangat dan antusias, sehingga menambah semangat para tamu undangan yang hadir, khususnya ketua DPRD Kabupaten Bogor Jaro ade, jaro Ade dalam sambutannya berjanji akan mendukung penuh kegiatan dan program-program Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. “Saya sangat bangga dan terharu melihat semangat serta kerja nyata Karang Taruna Kecamatan Sukaraja yang dimana betul-betul mengimplementasikan program-programnya untuk kebaikan dan manfaat banyak orang, jika Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor memerlukan sesuatu baik yang berupa moril maupun meteril untuk mensukseskan program-programnya jangan sungkan-sungkan datang kepada saya, insyaallah saya akan bantu”. Ucapnya.
Adapun beberapa jenis pohon yang ditaman dalam kegiatan ini yaitu pohon keras dan pohon buah seperti pohon Rambutan, Jambu Air, Lengkeng, Trambesi, jongjing.( Rd )

Related posts

Leave a Comment