Kabupaten Bogor Siap Raih Swasti Saba Wiwerda Tahun 2017

Kabupaten Bogor Siap Raih Swasti Saba Wiwerda Tahun 2017

Cibinong | kabarindoraya.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menerima tim penilai verifikasi pusat dalam rangka penyelenggaraan Kabupaten/Kota, yang yang terdiri dari dua orang yakni Nugroho,SKM sebagai ketua tim dan Yadi Mulyadi,SKM kedua orang tim penilai tersebut di terima secara langsung oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti yang bertempat di Ruang Rapat Bupati Bogor, pada selasa (10/10/17).

Dalam sambutannya Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti mengatakan pembangunan kesehatan bukan hanya merupakan usaha untuk meningkatkan angka IPM dan meraih prestasi di bidang kesehatan, akan tetapi lebih dari itu merupakan kegiatan lintas sektor dan lintas program untuk membangun padadigma yang mengarah pada terwujudnya budaya hidup bersih, sehat dan berkualitas dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh.

“kegiatan verifikasi kabupaten sehat menjadi sangat penting dan strategis, karena melalui verifikasi ini, berbagai langkah, program melalui verifikasi ini, berbagai langkah, program dan kegiatan yang sedang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan Kabupaten  Sehat, baik dalan aspek administrasi maupun operasional,” ungkap Bupati.

ia juga melanjutkan progran Kabupaten Sehat, Pemerintah Kabupaten Bogor telah berhasil meraih predikat sebagai Kabupaten Sehat dengan bukti penghargaan swasti saba padapa pada tahun 2015 di 2 tatanan, yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum serta kehidupan masyarakat sehat dan mandiri.

Bupati Bogor juga berharap pada tahun 2017 dapat meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda dengan menambah 4 tatanan terpilih yaitu pertama, tatanan 1,kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum yang diwakili oleh rumah sehat di kampung cibitung, Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya, kedua tatanan 6, kawasan pariwisata sehat yang diwakili oleh highland part resort di Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari serta kampung budaya di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari. Ketiga, tatanan 7, ketahanan pangan dan gizi yang diwakili kawasan pertanian di kampung Cibitung Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya serta keempat, tatanan 8, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri yang dipresentasikan oleh posyandu kemuning di Kampung Cibitung Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya.

“Harapan kami, pengembangan program Kabupaten Bogor sehat mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan sinergi pembangunan bidang kesehatan, sehingga tercipta peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya yang potensial membentuk kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk membangun paradigma hidup bersih, sehat dan berkualitas guna meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik,” tandasnya. (Zoel/hms)

Related posts

Leave a Comment