8 views

Ragam Pesona Kujang, Pikat Antusias Warga Luar Bogor

Bogor | kabarindoraya.com

Menjelang digelarnya pameran Kujang bertajuk “Ragam Pesona Kujang” yang akan dilangsungkan di Botani Square lantai 2, selama dua hari mulai Jumat hingga Sabtu, 29-30 Desember 2017 mendatang, ternyata menarik banyak antusias dari berbagai pihak baik itu kalangan perorangan maupun kelompok yang ada di Bogor maupun luar Bogor.

Pelestari Kujang yang juga salah satu peserta pameran dan pembicara disela acara pameran nanti, Roni Ramdani Sanghyang Naga, mengatakan, yang namanya warisan budaya seperti salah satunya adalah pusaka, bila yang dipamerkannya adalah kamardikan pasti menarik perhatian apalagi ini yang ditampilkan adalah pusaka asli yang jarang terpublish di masyarakat khususnya di Bogor. Inilah yang menjadi nilai daya tarik dari pameran Ragam Pesona Kujang nanti, dan itu pastinya akan menarik perhatian dari berbagai pihak. Tidak hanya di Bogor, dari luar Bogor pun pasti tertarik karena yang merespon untuk datang sudah banyak.

“Beberapa hari lalu saya mendapat kunjugan dari mantan Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturahman, lalu calon Wakil Walikota Bogor, Sefwelly, Paguyuban Sundawani, sesepuh Paguyuban Pecinta Bogor (Papebo), Abah Edi, yang sengaja datang menanyakan tentang pameran. Secara garis besar harapan mereka semua sama yaitu bangga dan mendukung digelarnya pameran ini. Diharapkan pameran ini bisa memunculkan serta menyatukan budayawan yang sebelumnya bergerak secara personal,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Roni, banyak juga yang dari luar Bogor meresponnya via telepon seperti Padepokan Siliwangi Ciwidey, PKPN Bandung, APIK, Pupuhu Sumedang, Ngkong Oeing, ahli tangguh keris, Hadian Wasita, ahli golok, Kang Dadan, Pelestari Kujang, Ki Jaga Baya, Andi Darma, H Ano Sugih, guru tepa Kujang Ciwidey, Ediana R Hadinata, dan masih banyak lagi. Mereka semua menyatakan akan datang.

“Apresiasi dari pupuhu dan pelestari pusaka yang ada di luar Bogor cukup tinggi. Karena mereka tahu kekayaan akan Kujang di Bogor itu luar biasa. Ditambah selama ini mereka menikmati pusaka Kujang di daerah-daerah luar Bogor. Sedangkan Bogor sendiri belum pernah. Nah, mendengar Bogor akan menggelar pameran untuk pertama kalinya dari situlah mereka antusias,” bebernya. (Zoel)

Related posts

Leave a Comment