Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional Pemerintahan Pendidikan Teropong Warga 

Belasan Guru Honorer SDN Cibeureum Cileungsi Belum Digaji

63 Views

Belasan Guru Honorer SDN Cibeureum Cileungsi Belum Digaji

Cileungsi Kabarindoraya.com-Belasan guru honorer sekolah dasar (SD) Cibeureum di Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, ‘mengeluhkan’ belum menerima gaji honorer hingga empat bulan terakhir ini. Padahal dana BOS dari triwulan pertama sudah cair sejak bulan Januari 2019. Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari pahlawan tanpa tanda jasa itu terpaksa harus berhutang.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor pun merasa heran masih adanya guru honorer yang belum mendapatkan haknya. Ia meminta kepada Kepala SDN Cibeureum agar secepatnya membayar gaji guru honorer karena dana Bos triwulan pertama sudah dicairkan.

“Sudah masuk bulan ke empat gajih kami belum dibayar, sementara kebutuhan sehari-hari, seperti makan, transportasi ke sekolah harus keluar uang setiap harinya. Ini selalu kami alami, setiap tahunnya, kalau ditanyakan katanya dana BOS nya belum turun,” kata salah seorang guru yang enggan disebutkan namanya, kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, bukan hanya dirinya, tapi 17 guru honorer lainnya yang ngajar di SDN Cibeureum belum terima gaji selama 4 bulan belakangan ini. Terlambatnya pembayaran atau gaji belum diketahui oleh guru honorer dan kebanyakan mereka pasrah saja.

“Saya dan guru honorer lainnya hanya bisa pasrah pak, mau gimana lagi, ditanyakan sudah, tetapi jawabannya tetap sama. Sementara sekolah lain guru honorer lancar gajinya. Untuk kebutuhan sehari-hari juga terpaksa kami harus minjem, itu pun terkadang tidak mencukupi,” keluhnya.

Terpisah, Kadis Pendidikan Kabupaten Bogor, Tubagus Lutfi Syam menyesalkan masih adanya guru honorer yang belum digaji. Menurutnya pencairan dana BOS triwulan pertama terhitung dari bulan Januari hingga maret sudah dicairkan dan diterima masing-masing sekolah. Ia mengimbau kepada kepala sekolah agar mempercepat pembayaran gajih honorer.

“Aneh bisa sampai 4 bulan guru honorer di SDN Cibeureum Cileungsi belum dibayar gajihnya. Karena untuk tahun 2019 masih bulan Maret (bulan ke 3) tidak ada kendala. Sistem pencairan dana BOS per triwulan, dan untuk triwulan pertama, yaitu bulan januari, Februari dan Maret sudah selesai dicairkan,” jelas dia.(Sofwan/Hasbie)

Related posts

Leave a Comment