Bogor | Kabarindoraya.com

Empat orang mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institut Ummul Quro Al-islami akan melaksanakan magang di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor selama satu bulan kedepan, kegiatan tersebut dimulai pada rabu 10 November 2021 merupakan salah satu program akhir mahasiswa yaitu PPL-Magang.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa, Dr. Marwani Syattar mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meregenerasi jurnalis yang berkualitas khususnya di wilayah Kabupaten Bogor, dan untuk mempraktekkan teori-teori yang telah di pelajari di bangku perkuliahan mahasiswa KPI itu sendiri.

“Kami selaku dosen mahasiswa KPI telah mempercayai lembaga PWI Kabupaten Bogor untuk bisa membimbing mahasiswa saya yang akan magang di lembaga persatuan wartawan tertua di Indonesia,” kata Marwani kepada wartawan, Kamis (11/11/21)

Ia menambahkan, sehingga setelah lulus nanti mahasiswanya itu bisa menjadi jurnalis yang berkualitas, untuk itu ke empat mahasiswa ya yang dipercayakan untuk magang ke pusat wadah wartawan di Bumi Tegar Beriman tersebut agar mendapat ilmu sesuai jurusannya.

“Pasalnya, karena di kelas mahasiswa kami sudah mempelajari teori dasar jurnalistik, oleh karenanya tinggal di praktek kan dan dibimbing langsung oleh para wartawan di PWI Kabupaten Bogor ini,” tuturnya.

Disisi lain, ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagio menyampaikan, menyambut baik ke empat mahasiswa yang ingin magang di tempatnya memimpin.

Selain itu, dirinya langsung memberikan arahan dan mekanisme selama kegiatan magang ini berlangsung kepada mahasiswa KPI.

“Saya berharap kehadiran adik-adik mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan magang di PWI Kabupaten Bogor ini bisa serius untuk menjalankan tugas yang telah diberikan rekan-rekan wartawan PWI Kabupaten Bogor kepada adik-adik,” ujarnya.

Menurutnya, jika ke empat mahasiswa ini memilik jika yang  semangat dan serius, maka ke 4 pencari ilmu itu nantinya yang akan memperoleh ilmu jurnalistik selama melakukan program magang tersebut.

“Karena ini juga merupakan bekal kalian untuk menulis skripsi nanti agar tidak plagiat sesuai dengan fakta kejadian dilapangan,” tegas Subagio.

Masih ditempat sama, sekretaris umum PWI Kabupaten Bogor, M. Nurofik mengaku, bila dirinya menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan mahasiswa dan dosen KPI yang telah mempercayai PWI Kabupaten Bogor sebagai salah satu tempat untuk magang. Karena, sambungnya,dari program ini akan memunculkan jurnalis-jurnalis yang berkompeten dan berkualitas untuk di kemudian hari.

“Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran teman-teman mahasiswa beserta dosen pembimbing lapangan yang telah mempercayai kami PWI Kabupaten Bogor sebagai salah satu tempat mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu jurnalistik yang telah di pelajari di kelas, kami siap membimbing mahasiswa agar lebih mudah lagi untuk menulis berita maupun artikel-artikel yang ada di surat kabar. Karena dari sinilah akan tumbuh benih-benih Jurnalis yang berkualitas,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, Dr. Marwani Syattar dari Institute Ummul Quro Al-Islami ini bahwa kegiatan PLP-Magang, mahasiswa KPI telah ditempatkan di enam lokasi yang strategis baik di media online, cetak, dan di radio. Antara lain, Radio Republik Indonesia (RRI), Koran Harian Radar Bogor, media online Bogordaily.net, Antara.com, PWI Kabupaten Bogor serta di Radio Wadi FM.

(Aglam Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here