Bogor l Kabarindoraya.com

Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB), tahun 2020 ini secara administrasi sudah selesai masa jabatan para pengurusnya. Namun hingga saat ini, belum adanya pergerakan dan kepastian dari para pengurus untuk segera melakukan pemilihan ketua DKKB yang baru.

Dalam diskusi “Peran Seniman Dalam Mengisi Alam Kemerdekaan” – Senin (17/8/2020) – di kantor media online KabarIndoraya.com permasalahan tersebut mencuat.

“Kalau saya siapa pun nanti yang menduduki menjadi Ketua DKKB, harus mampu membawa giat para seniman agar lebih produktif lagi,” ungkap Putra Gara, Ketua Bidang Sastra dan Purba Kala DKKB.

Sementara Ace Sumanta, tokoh seniman dan budayawan Bogor yang hadir mengemukakan, ketua DKKB jangan cuma dijadikan jabatan politis, karena organisasi para seniman dan budayawan ini sangat srategis.

“Bahkan kalau bisa, DKKB harus mampu mengangkat seni budaya Sunda melalui Bogor secara nasional dan internasional. Apa pasal, warisan budaya dan situs yang ada di Kabupaten Bogor, banyaknya nomor dua setelah Papua,” terang Ace.

Ace berharap, para kandidat calon ketua DKKB kedepannya harus mampu merangkul aktivitas seni budaya di Kabupaten Bogor, agar lebih berkembang dan produktif lagi.

Rida yang turut hadir dalam acara diskusi tersebut juga menambahkan, bahwa giat seni budaya memang harus diketua oleh pelaku seni budaya.

“Jadi kedepan para kandidatnya harus orang yang peduli pada seniman,” terang Rida yang sudah menulis 30 buku kumpulan puisi ini.

Sementara Ruslan, inisiator pertemuan menjelaskan, tahun ini kalau bisa kepengurusan DKKB yang baru sudah harus ada.

“Karena itulah harus segera bentuk panitia pemilihan,” tutup Ruslan.*** (Sukron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here