Jakarta l Kabarindoraya.com

Para Pengurus dan Seluruh Kader Partai Demokrat yang saya hormati dan banggakan,

Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, selaku Ketua Umum (dan setelah berkonsultasi dengan Ketua MTP), saya memutuskan bahwa Partai Demokrat MENOLAK RUU Ciptaker.

Tadi sudah disampaikan oleh FPD dalam Pandangan Akhir Mini. Tolong dokumen tersebut dibaca utuh oleh kita semua, supaya bisa dipahami logika dan substansi yang telah kita perjuangkan di DPR RI.

Selain tidak ada urgensinya (seharusnya kita fokus pada penanganan Covid-19), RUU Ciptaker tersebut sangat dipaksakan, berat sebelah, dan banyak pasal yang merugikan kaum buruh dan pekerja kita yang jumlahnya besar sekali.

Selain itu, RUU tersebut berbahaya, nampak sekali bahwa Ekonomi Pancasila akan bergeser menjadi terlalu Kapitalistik dan Neo-Liberalistik. Tentu, menjadi jauh dari prinsip-prinsip Keadilan Sosial. Alih-alih berupaya untuk menciptakan lapangan kerja secara luas, RUU tersebut berpotensi menciptakan banyak sekali masalah lainnya.

Sesuai dengan apa yang saya sampaikan dalam Pidato Politik yang lalu, “Kita Harus Berkoalisi dengan Rakyat”, terutama rakyat kecil (termasuk buruh) yang hari ini paling terdampak oleh krisis pandemi dan ekonomi.

Walaupun kita kalah suara di Parlemen, tapi kita tidak perlu kecil hati. Karena kita tidak henti memperjuangkan nasib dan masa depan rakyat.

Kepada seuruh pengurus dan kader, mari kita bangun narasi yang tepat sesuai semangat PD untuk terus membela mereka yang lemah. Kalau ada yang bertanya Mengapa PD Menolak, tolong bantu jelaskan dengan baik. Suarakan di media mainstream, media online, dan media sosial secara tepat, rasional, dan terukur.

Biarlah kita kalah di Parlemen, tapi jangan kita tidak kalah di hati dan pikiran rakyat yang kita cintai bersama.

Lanjutkan Perjuangan!

Ketum AHY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here