Bogor | Kabarindoraya.com

Tanggal 21 September 2019 diperingati sebagai hari bersih-bersih sedunia, yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD) atau gerakan pungut sampah . World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.
Sebagai bentuk kepedulian atas WCD, gerakan pramuka Kwarcab Kab. Bogor mengadakan berbagai kegiatan di berbagai titik lokasi diantaranya di kantor pemerintahan, Graha Pandu dan lokasi-lokasi strategis lainnya.

“Hari ini kita bagian dari gerakan WCD, dimana kita berkeinginan bahwa gerakan ini bukan hanya untuk seremoni tetapi menjadi gerakan jiwa untuk menjadikan hidup kita bersih, apalagi di tengah wabah covid-19 ini,” kata Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Agus Ridallah kepada awak media, Selasa (29/09/20).

Lebih jauh dia mengatakan, gerakan ini merupakan aksi nyata serta aktualisasi kerja sama antara gerakan pramuka, pemerintah kabupaten bogor, aktivis lingkungan dan masyarakat.

”Sinergisitas ini menjadi kekuatan bagi kita untuk menjadikan Bogor bebas sampah, artinya perlu gerakan jiwa agar program ini benar-benar berjalan dengan baik, Jadi kita ingin bebersih itu jadi gaya hidup pramuka,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Mabiran Kec Cibinong Bambang W. Tawekal mengatakan tidak mudah menggerakan program peduli sampah disaat kondisi produk makanan dipenuhi dengan plastic, namun hal itu bukan halangan ketika kesadaran dibangun dengan baik.

“Saat ini kita menekankan bahwa dibutuhkannya kesadaran bersama untuk mengatasi masalah ini, dan saya apresiasi anggota pramuka bisa bergerak dalam program WCD ini, semoga ini akan terus dilakukan dan menjadi kebiasaan yang menjadi ciri khas anggota pramuka, dan generasi muda Indonesia,” kata Bambang yang juga camat Cibinong ini. (sob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here