Bogor | Kabarindoraya.com

Bupati Bogor, Ade Yasin menyaksikan  penandatanganan perjanjian kerja sama kemitraan konservasi antara Balai TNGHS dan Kelompok Tani Hutan Konservasi Malasari Mandiri. Penandatanganan dilaksanakan di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Selasa (27/10/2020).

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan ini merupakan bentuk kerjasama yang langsung diimplementasikan oleh para kelompok petani. “Mereka diberikan lahan seluas 40,2 Hektare oleh Kepala Balai TNGHS yang bisa dimanfaatkan oleh para petani. Mereka bisa menanam jahe merah, laja dan kedepan bisa di tanam kapulaga. Menanam jahe merah dan laja memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan untung bisa 70 persen dari modal,” kata Ade Yasin.

Lebih lanjut ia menambahkan, inti dari kerjasama ini tidak merusak hutan tetapi terjaga dari erosi dan longsor. “Di tengah pandemi, menanam jahe merah selain membuat badan sehat bisa mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi. Nantinya juga kita bisa mengembangkan kerjasama di wilayah lain,” tambahnya.

Ade Yasin juga menekankan, lahan yang sudah diberikan agar dimanfaatkan sebaik mungkin dan dijaga. “Saya harap lahan yang sudah diberikan bisa dimanfaatkan oleh para petani disini. Saya juga minta agar kelestarian hutan tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

(Edy/Fzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here