Bogor | Kabarindoraya.com

Bupati Bogor, Ade Yasin menghadiri Sidang Senat Terbuka Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Jendral (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu. Sidang diselenggarakan oleh Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia, di komplek Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Babakan Madang, Kamis (20/5).
Sidang dibuka oleh Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian, dan dihadiri pula oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melalui sambungan virtual. Rektor Unhan RI yang juga Ketua Senat Unhan menyampaikan, penganugerahan gelar kehormatan ini selaras dengan peta jalan pencapaian Unhan RI dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas program doktoral yang telah berjalan sejak tahun 2018.
“Prestasi akademik Jendral (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu merupakan teladan bagi para prajurit TNI untuk semakin bersemangat menimba ilmu di Universitas Pertahanan RI,” ucap Amarulla.
Ia menambahkan, argumentasi akademik Jendral (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu dalam orasi ilmiah berjudul “Bela Negara Sebagai Dasar Sistem Pertahanan dan Kemanan Rakyat Semesta Dalam Menghadapi Ancaman Militer, Non Militer dan Hibrida”, membuktikan makna dan implementasi bela negara sebagai dasar yang kokoh untuk Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).
“Jendral (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Ilmu Pertahanan bidang Strategi Pertahanan Semesta dengan pertimbangan jasa dan karyanya yang luar biasa di bidang ilmu pertahanan, teknologi pertahanan, kemanusiaan dan bidang kemasyarakatan lainnya terkait dengan pertahanan,” tandasnya.
Sidang Senat Terbuka Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dihadiri pula oleh pejabat di lingkungan kementrian dan lembaga, pejabat di lingkungan Kementrian Pertahanan, Mabes TNI, Guru Besar Unhan RI, serta Pimpinan Perguruan Tinggi mitra Unhan RI antara lain, UI, ITB, IPB, UGM, ITS, UNAIR, UB, UHT, UNPAD, dan UNJ.
(TeBe)