Berita Daerah Bogor Raya Headline Kab Bogor Nasional News Pemerintahan Teropong Warga 

Bupati Bogor Lepas 4.536 Peserta Mudik Gratis

55 Views
Cibinong Kabarindoraya.com – Bupati Bogor, Ade Yasin melepas 4.536 peserta mudik gratis yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan menyiapkan 98 bus. Dalam kesempatan tersebut Ade Yasin berserta muspida melepas para pemudik bertempat di Hal. Stadion Pakansari Cibinong, pada (1/6).
Mudik gratis yang sasarannya ialah masyarakat pengguna sepeda motor ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.
“Sasaran pemudik yang ikut mudik gratis ini adalah yang kerap menggunaka sepeda motor untuk menuju kampungnya, harapan kami adalah bisa mengurangi kemacetan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas,” ucap Plt Kepala Dins Perhubungan Kabupaten Bogor Supriyanto.
Ia menerangkan agar mudik gratis ini berjalan asik dan lancar, masyarakat yang ikut program ini pun  bisa mendaftar menjadi peserta mudik gratis melalui sistem online.
“Pendaftaran dan verifikasi peserta mudik  dari 23 April-9 Mei dilakukan melalui sistem website http.hubdat.hub.go.id, setelah itu melakukan registrasi pada hari ini,” terangnya.
Selain mengangkut masyarakat ke daerah tujuan, 405 unit sepeda motor pun sudah diangkut menggunakan truk oleh Kementerian Perhubungan.
“405 unit sepeda motor sudah diberangkatkan dengan 98 truk ke 28 kota tujuan di Provinsi Jawa Tengah, DIY dan Jawa Barat pada jumat kemarin, jumlah peserta mudik dari Bogor berjumlah 4.365 orang. Pelepasan peserta mudik ini langsung dihadiri Bupati Bogor Ade Yasin,” jelas Supriyanto.
Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin memastikan 98 kendaraan bus layak jalan dan pengemudinya sehat serta bersih dari penyalahgunaan narkoba.
“98 bus kendaraan yang akan mengantarkan peserta mudik ke 28 kota di Provinsi Jawa Tengah, DIY dan jawa Barat ini sudah dipastikan layak jalan dan supirnya sehat serta bersih dari penyalah guna narkotika ataupun minuman keras,” katanya
Ia juga meminta sesama peserta mudik harus guyub dan jangan ribut apalagi  mudik ini dalam rangka perayaan Hari Raya Idhul Fitri.
“Peserta mudik gratis ini harus guyub dan jangan ribut, kami pun meminta jangan bawa orang datang ke Bogor dan menambah jumlah pengangguran,” pintanya.
Pada kesempatan ini Ade Yasin pun menitipkan salam untuk keluarga peserta mudik gratis dan mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
“Selamat mudik, bersilaturrahmi dengan kekuarga dan saya mohon maaf lahir dan bathin. Saya juga doakan agar peserta mudik ini tahun ini bisa memiliki mobil hingga tahun depan bisa mudik dengan mobil pribadi,” tutur Ade.
Adapun Direktur Lalu Lintas Kementerian Perhubungan, Pandu mengklaim kemacetan dan angka kecelakaan lalu lintas berhasil ditekan, namun Ia berharap pengemudi bus ikut menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan kemacetan.
“Semalam ada kecelakaan bus di Cirebon, Jawa Barat dan dikesempatan ini saya minta pengemudi bus jangan memaksakan diri jika capek dn jangan melewati batas kecepatan 100 Km perjam. Kepada peserta mudik gratis saya juga menghimbau jangan segan-segan tegur pengemudi bus yang nakal,” tukas Pandu(Wan)

Related posts

Leave a Comment