Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Politik Teropong Warga 

Calon Kades Tempuh Tahapan Pilkades 2019 di Kecamatan Tanjungsari

128 Views

 

 

Bogor Kabarindoraya.com | Delapan desa yang akan menggelar pilkades,Di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Desa Tanjungsari, Sirnarasa, Sukarasa, Pasirtanjung, Buanajaya, Antajaya, Selawangi dan Sirnasari sudah siap. Namun, dua Desa Antajaya dan Sirnasari harus melalui tahapan tes karena bakal calon kades melebihi ketentuan Perda Kabupaten Bogor Nomor 6 tahun 2015 yaitu maksimal 5 calon.

Kedua desa itu, Antajaya 10 bakal calon (balon) dan Sirnasari 6 balon. Sehingga, panitia tingkat kecamatan harus melaksanakan tes guna mencari 5 balon. Tes digelar di Aula Masjid Agung, Kampung Serna Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari, disaksikan Danramil Cariu Kapten (inf) Slamet Royadi dan Kapolsek Tanjungsari Iptu Muhaemin, Kamis (12/9).

Balon kades Antajaya itu, Acep Ajizi, Endang Rusman, H. Nahrudin, Duyeh, Husen, Andi Pamungkas, Ujang Iyep, Encang, M. Amin dan Ombih. Sementara Desa Sirnasari, Sayuti, Mumin Sonjaya, Dadan Nurmawan, Damiri, Mad Gofur dan Humaedi. Setiap balon, didampingi masing-masing seorang saksi.

Sebelum menggelar tes akademik, pihak panitia tingkat desa dan kecamatan melakukan pembobotan balon. Beberapa kriteria dalam pembobotan seperti latar belakang pendidikan dan organisasi, menjadi penilaian.

Hasilnya, yang dinyatakan lulus dalam tes sesuai kriteria, baik pembobotan maupun tes akademik, Antajaya, 1). Encang, 2). Endang Rusman, 3). Andi Pamungkas, 4). M. Amin dan 5). Duyeh. Desa Sirnasari, 1). Mad Gofur, 2). Humaedi, 3). Damiri, 4). Dadan Nurmawan dan 5). Mumin Sonjaya.

“Pelaksanaan tes akademik ini sesuai dengan aturan dalam perda, dimana setiap desa, hanya membolehkan lima calon. Kalau lebih, maka dilaksanakan tes seperti yang kita laksanakan sekarang ini,” kata Camat Tanjungsari Sutisna

Lanjut Sutisna, hasil tes yang dilaksanakan panitia pilkades tingkat kecamatan bekerjasama dengan panitia desa, hasilnya sudah final. “Hasil ini sudah final,” lanjut Sutisna yang baru 2 hari menduduki posisi Camat.

Ditambahkan, kepada seluruh panitia pilkades dan aparat yang melaksanakan pilkades baik BPD maupun para staff, diminta untuk netral. “Saya minta kepada seluruh panitia dan aparat desa termasuk anggota BPD untuk netral dalam pelaksanaan pilkades ini,” tambahnya.

Sementara, Kapolsek Tanjungsari menghimbau seluruh masyarakat Tanjungsari agar tetap menjaga kondisi keamanan lingkungan. Termasuk pada pelaksanaan pilkades dan paska pelaksanannya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua balon yang telah mengikuti tes hari ini dengan sukses tanpa ekses. Kedepannya, mari kita sama-sama menjaga lingkungan agar tetap aman, tertib dan kondusif,” tandas Iptu Muhaemin(Ade Suryadi Rahmat Alias Omen)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: