Bogor | Kabarindoraya.com

Untuk meningkatkan Daya tarik wisata di sekitar perbukitan kawasan Gunung Pancar di wilayah Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, cukup dikenal indah dengan cuacanya yang sejuk.

Saat libur Idulfitri 1442 Hijriah, kemarin, jumlah pengunjung cukup meningkat, sehingga petugas gabungan Satgas Penanganan Covid-19 bekerja ekstra ketat. Wisatawan yang mematuhi protokol kesehatan bisa berwisata di lokasi wisata.

Disisi lain, keberadaan lokasi kunjungan wisata air di Sungai yang merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai (DAS), di khawatirkan dampak bahayanya oleh sejumlah kalangan,

Salah satunya, lokasi wisata Leuwi Kunten di DAS Sungai Ciherang Kampung Wangun, diduga belum mengantongi izin dari Pemerintah. Namun faktanya, wisatawan tak mengurungkan niatnya untuk menikmati sejuknya air sungai di lokasi tersebut.

Saat dihubungi, beberapa waktu lalu, Camat Babakan Madang Cecep Imam Nagarasid, mengatakan di setiap lokasi wisata alam, hotel, resto yang ada di wilayah kerjanya telah disebar petugas gabungan Satgas Covid-19.

“Semua tempat wisata, hotel dan resto harus berizin, dan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Camat Babakan Madang, yang peduli pelestarian lingkungan hidup.

Disinggung adanya lokasi kunjungan yang memanfaatkan Sungai, Camat Babakan Madang menegaskan pihaknya telah mengingatkan pihak pengelola akan keselamatan pengunjung. “Resikonya, menjadi tanggung jawab pengelola,” tegasnya.

Tak hanya itu, seorang Tokoh Desa yang enggan disebut namanya, juga menyampaikan rasa kekhawatirannya terkait adanya lokasi kunjungan wisata yang beroperasi di Sungai. “Perlu dipertimbangkan aspek keselamatan pengunjung maupun dampaknya,” ucapnya.

(LY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here