Berita Daerah Headline Internasional Kabar Daerah kesehatan Nasional News Teropong Warga 

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Tasikmalaya Anggarkan 100 milyar

125 Views

TASIKMALAYA Kabarindoraya.com |

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya telah menyiapkan anggaran guna menangani penyebaran Virus corona atau covid-19  yang tidak terbatas.Jika ditotalkan, anggaran mencapai Rp 100 miliar.

“Sementara kita tidak menggangarkan (khusus). Karena seluruh program kegiatan kami lakukan penundaan. Hal-hal yang tidak berhubungan dengan masyarkat langsung, seperti kesehatan, pendidikan kami lakukan blocking anggaran,” jelas Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Gedung Setda Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (31/3/2020).

Ade menambahkan, fokus anggaran yang telah di blocking ini dialihkan untuk penanganan penyebaran covid -19 dengan catatan bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Artinya seluruh anggaran tersebut seluas-luasnya dijadikan sebagai ‘cadangan dana’ bukan ‘dana cadangan’ Covid-19. Sampai kini Pemkab Tasikmalaya terus mendata anggaran mana saja yang sifatnya mendesak bagi masyarakat dan anggaran mana yang bisa ditunda serta dialihkan untuk penanganan covid 19.

“Sampai dengan sekarang dikira-kira masih kita proses (hitung). Namun sekitar diangka Rp 100 miliar kami masih bisa menyediakan, sebagai upaya penanganan covid 19 ini,” jelas Ade.

lebih lanjut Ade menjelaskan, pemerintah pusat sendiri sudah melakukan pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19. Bahkan, menurut dia, saat ini seluruh dana alokasi khusus (DAK), baik yang sedang berjalan dan akan berjalan, harus dihentikan kecuali bagi kesehatan dan pendidikan. Di Kabupaten Tasikmalaya saat ini terdapat 454 orang dalam pemantauan (ODP) dan 9 orang pasien dalam pengawasan (PDP). Sejauh ini belum ada laporan pasien positif Covid-19 di wilayah ini.(Fz/RN)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: