Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Teropong Warga 

Dinas Arsip Masa Kini,Bisa Cek Arsip dengan Telpon Genggam

132 Views

Bogor Kabarindoraya.com |

Nama besar Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bogor memang sudah melambung, wajar saja kalo kantor yang di nahkodai Luthfi Syam memiliki berbagai kelebihan dibanding Dinas Arsip di Daerah lain.

Bukti itu terlihat saat KPU Kabupaten Bogor
melakukan audiensi ke Dinas Arsip dan Perpustakaan rabu 19/2,
“Hari ini kami bersilaturahmi dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor. Tujuannya untuk menjalin sinergitas dalam menyediakan beragam bacaan untuk meningkatkan literasi demokrasi dan pendidikan pemilih,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Herry Setiawan.

Lebih lanjut pihaknya menilai literasi elektoral dalam pemilu masih perlu ditingkatkan meskipun tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 di Kabupaten Bogor tergolong tinggi yakni rerata 81,2 persen untuk semua tingkat pemilihan.

“Namun masyarakat perlu dipaparkan lebih banyak lagi konten dalam partisipasi pemilihan elektoral dengan begitu literasi demokrasi menjadi semakin menjangkau seluruh lapisan masyarakat tidak hanya segelintir kelompok saja,” ujar Herry.

Dalam kesempatan itu, KPU juga menyampaikan keperluannya dalam sinergitas dengan Dinas Arsip dalam penggunaan depo arsip. Selama ini KPU selalu menyerahkan arsip dan dokumen baik hasil pemilu dan pilkada di Dinas Arsip. Selain lebih terjaga dan terawat, pengelolaan arsip di Kabupaten Bogor telah dikenal menjadi terbaik di Indonesia.

“Jutaan data manual kami simpan di sini dan alhamdulillah kerjasama KPU dan Dinas Arsip selama ini harmonis dan sinergis. Dinas Arsip Kabupaten Bogor telah dikenal luas adalah terbaik di Indonesia karena pengelolaan dan manajemen yang rapi dan sangat baik,” ujar Herry.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Tb Luthfisyam selain memaparkan kelebihan Yang dimiliki Dinas nya saat ini pihaknya menyambut baik silaturahmi yang di lakukan KPU di kantornya.
Bahkan mantan Camat Gunung Putri tersebut mengajak tur ke depo arsip dan mendemonstrasikan akses arsip digital yang telah dimiliki Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor.

“Kita tur dulu lihat depo arsip kami dan ini cara mengakses arsip bagi pemohon arsip dari publik. Cukup dengan aplikasi yang kami miliki maka temukembali arsip mudah dilakukan,” kata Luthfi.

Dengan barcode yang ditempel di kardus yang di dalamnya ada arsip tertentu maka dengan telepon genggam dapat mudah melihat arsip apa saja yang ada di dalam kardus tersebut.

Luthfi menambahkan pihaknya siap menyuplai literasi berupa buku bacaan terkait pemilu dan demokrasi ke KPU secara berkala dengan status silanglayan.

“Jadi buku itu statusnya dipinjamkan selama 2 atau 3 bulan di KPU lalu dikembalikan. Kami juga menyiapkan studio audiovisual yang bisa dipakai dengan kapasitas 50 orang jika ingin memaparkan atau bimtek terbatas,” kata Luthfi.

Bagi penyimpanan arsip statis, sesuai jenjang pemilihannya, kantornya bisa menyimpan arsip Pileg DPRD Kabupaten Bogor dan Pilkada Bogor.

“Kalau itu sudah menjadi kewajiban kami untuk meminta arsip statis KPU untuk diakuisisi dinas arsip,” tambah Luthfi (Dauri)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: