Bogor | Kabarindoraya.com

Guna memupuk kesiapsiagaan masyarakat dalam penanganan bencana, dinas sosial kabupaten bogor berkolaborasi dengan beberapa elemen seperti Taruna Siaga Bencana (tagana) dan mengadakan pelatihan manajemen bencana bagi masyarakat.

Kegiatan yang diagendakan selama dua hari dan dimulai pada hari Senin, (01/08/2022) ini mengusung tema mitigasi bencana untuk mengatasi di bumi kita.

Pelatihan inipun diikuti oleh empat puluh tokoh yang masing-masing mewakili sekolah, kecamatan dan juga beberapa instansi penanggulangan bencana seperti Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kab Bogor dan juga Pandawa Rescue Ciampea.
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh kepala dinas sosial kabupaten bogor, Ketua komisi 1 DPRD Kabupaten bogor dan Ketua komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor. Dalam sambutannya, Dr. Mustakim, S.Pd., M.M dan Ketua LPBI NU Kab. Bogor H. Ade Irawan, MM.

Mustakim selaku kepala dinas sosial kabupaten Bogor mengatakan bahwa dengan berlangsungnya kegiatan ini menambah kesiapan dan wawasan masyarakat tentang pemenejemenan bencana karena pemerintah tidak akan maksimal dalam penenaggulangan hal tersebut jika tidak dibantu oleh masyarakat, maka dari itu dihadirkanlah kegiatan ini.

“Maka dari itu PR kita atau salah satu Output dari kegiatan ini adalah menjadi sahabat dinas sosial dan tagana dalam menanggulangi hal-hal tersebut” Kata Mustakim.

Lebih jauh dia juga menginformasikan bahwa trend saat ini begitu memprrihatinkan dengan adanya beberapa oknum yang kadang datang kelokasi bencana bukan untuk membantu namun dijadikan tempat untuk shooting atau beberapa kegiatan pencitraan.

“Ini menjadi perhatian kita Bersama, maka dari itu kegiatan ini menjadi fasilitaor nantinya,” ujarnya.

Diapun berharap ada kesadaran self of solidarity Ketika memang terjadi kejadian yang tidak diinginkan, atau bencana alam maupun bencana sosial.

“Semoga setelah ini kita dapat bersinergi dalam mengatasi permasalahn bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial.” Tandasnya.

Sementara Itu, Ketua LPBI NU Kab Bogor H. Ade Irawan, MM mengapresiasi kegiatan ini karena mampu mengajar masyarakat untuk meumpuk rasa solidaritas dalam memitigasi bencana nantinya.

“Ini menjadi pintu masuk masyarakat menjadi agent kejadian bencana, artinya diharapkan para peserta ini menjadi agent dalam memitigasi bencana di wilayah masing-masing, makanya nanti akan menjadi sahabat Dinsos,” kata Ade.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan materi dari ketua komisi 4 DPRD Kabupaten bogor tentang pengelolaan anggaran.

Lalu dilanjutkan dengan sambutan dan materi yang disampaikan oleh Usep Supratman, SH., MH. Selaku ketua komisi 1 DPRD Kabupaten bogor tentang fungsi, tugas dan hak anggota DPRD.

(Sob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here