Bogor | Kabarindoraya.com

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor ajak para pengelola Media Sosial se-Kabupaten Bogor Rapat Kerja Pengelolaan Media Sosial Bagi Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Bogor, yang belangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (22/6/22).

Itu dilakukan untuk memperkuat pengelolaan dan pemanfaatan Media Sosial, serta tingkatkan peran aktif para pengelola Media Sosial Perangkat Daerah di Kabupaten Bogor.

Seiring perkembangan zaman, media baru termasuk media sosial tidak hanya menjadi saluran komunikasi berbagi pesan saja, tetapi kini media sosial menjadi wadah atau media promosi dan publikasi pemerintah kepada publik. Media sosial sangat strategis untuk menyebarkan informasi, termasuk dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Pentingnya pengelolaan Media Sosial dan Website ini, bahkan tertuang dalam Instruksi Bupati Bogor (Inbup) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Humas Melalui Website dan Media Sosial.

“Humas dituntut untuk meningkatkan kemampuannya, dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan yang sangat cepat serta mampu berfungsi sebagai jembatan untuk membangun suasana kondusif dengan publik melalui komunikasi yang baik. Untuk itu pengelola media sosial harus menyediakan Medsos yang berkualitas melalui konten yang lebih kreatif dan menarik,” tegas Kabid PIKP Iwan Setiawan saat membuka kegiatan Raker.

Lanjut Kabid PIKP, bahwa dengan kegiatan Raker ini diharapkan jadi sarana dalam menyamakan persepsi bahwa betapa pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana paling efektif untuk menjalin komunikasi cerdas dengan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor.

“Mari kita sama-sama aktif melalui koordinasi dan konsultasi dalam pengelolaan Medsos ini, serta konsisten memproduksi konten kreatif dan menarik. Juga konsisten dalam mempublikasikan informasi serta aktif memonitoring, mengawasi dan melaporkan hasil pengelolaan Medsos secara rutin sebagai bahan evaluasi, agar pengelolaan Medsos ini bisa lebih optimal,” imbuhnya.

Selanjutnya, Sub Koordinator Komunikasi Publik, Cecep Jamhuri menambahkan, Humas sebagai pihak yang menjembatani dan mengkomunikasikan program dan kegiatan yang dilakukan lembaga/instansi, semua tugasnya berhubungan erat dengan cara berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik antara para stakeholder baik internal maupun eksternal.

Untuk itu pengelola harus mengikuti perkembangan tren, mampu memaksimalkan semua potensi media, baik itu media cetak, elektronik, media online dan media sosial. Juga harus bisa berkolaborasi dengan media untuk membuat publikasi kinerja yang menarik minat pembaca.

“Kolaborasi Humas, pengelola Medsos dan media sangat penting, supaya penyampaian visi dan misi Pemkab Bogor agar bisa sampai ke masyarakat. Manfaatkan Medsos dengan baik, kelola Medsos dengan maksimal sebagai corong informasi Pemkab Bogor,” tandasnya.

 

(Tubagus Arief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here