Berita Daerah Bogor Raya Ekonomi Headline Kab Bogor Kabar Daerah Kuliner Nasional News Pemerintahan Teropong Warga 

Disperindagin Operasi Harga Sembako Dipasar Ciawi Daging Beku Di Pasar Ciawi Di Jual Tak Wajar

88 Views

 

Ciawi Kabarindoraya.com | Menjelang hari raya Idul Adha Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) menemukan beberapa komoditi dipasaran di jual dengan harga tidak normal.

Di Pasar Ciawi harga daging beku di jual dengan harga Rp.110 ribu perkilogram. Padahal harga daging beku yang diatur pemerintah melalui Kementrian Perdagangan (Kemendag) hanya di jual di angka Rp 80 ribu. Sementara, harga cabai mengalami kenaikan hingga 70 persen.

Kepala Disperdagin Kabupaten Bogor, Nuradi menjelaskan, pihaknya akan menindaklajuti temuan ini dan membandingkannya dengan harga daging beku di pasar swalayan.

“Tapi kalau untuk stoknya dipastikan aman. Cuma harganya ini yang mau kita dalami kenapa daging beku bisa dijual dengan harga yang sama dengan daging lokal,” ujar Nuradi saat melakukan Sidak ke Pasa Ciawi, Kamis (08/08)

Selain daging sapi, Disperdagin juga menaruh kecurigaan dengan mie, bakso dan daging olahan yang diduga memiliki kandungan kimia di dalamnya. Selain itu, sosis dan baso sengaja dirinya beli untuk diuji lab oleh Dinas Kesehatan, karena dari warna atau tampilan sedikit mencurigakan kepada makanan-makanan tersebut.

“Kecurigaan saja. Makanya ada dari Dinkes dan Polres Bogor kalau ada sesuatu bisa ditindaklanjuti oleh kepolisian langsung,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Perdagangan Disperdagin Kabupaten Bogor, Jona Sijabat menjelaskan, jelang Idul Adha, kenaikan harga bahan pokok terjadi pada sektor hasil industri agro.

“Seperti cabe yang semua jenisnya naik hingga 70 persen atau sekitar Rp 80 ribu perkilogram untuk cabe rawit merah. Tapi dipastikan stoknya aman dan kualitasnya memadai,” ucapnya

Sementara, lanjut Jona, untuk ketersedian barang menjelang libur lebaran Idul Adha ini, pihaknya memastikan stock barang sangat cukup.

“Ketersedian barang tidak ada masalah, kualitas barang yang dijual di pasar Ciawi tidak ada masalah, bagus, masyarakat tidak perlu khawatir,” tandasnya. (WanYus)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: