Jakarta l Kabarindoraya.com

DPR RI berkomitmen tinggi dalam membangun kekuatan nasional di bidang maritim, hal itu dikatakan Puan Maharani saat memberikan Kuliah Umum Pada Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 Tahun Ajaran 2020, di Jakarta, Senin (14/9/ 2020).

“Kekuatan nasional di bidang maritim di antaranya dibangun melalui pembangunan industri pengolahan hasil laut, modernisasi nelayan, penambangan laut, pembangunan pariwisata laut, serta transportasi laut,” terang Puan.

Lebih Jauh Puan menambahkan, semuanya itu membutuhkan sistem pertahanan laut yang kuat.

“Karena itu, DPR RI terus memaksimalkan tugas konstitusionalnya untuk menjaga laut Indonesia yang mencapai lebih dari 60 persen dari luas wilayah Indonesia. Salah satunya dengan menyerap aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan agar UU Keamanan Laut menjadi solusi dari berbagai persoalan ketahanan maritim,” kata puan lagi.

Puan menjelaskan seperti persoalan illegal fishing, peredaran narkoba melalui laut, human trafficking, DPR-RI ingin agar ada UU yang secara menyeluruh dapat melindungi kekayaan maritim Indonesia.

“Karena itu DPR RI mendorong pemerintah mengalokasikan anggaran memadai untuk matra laut. Dia menyebut matra laut harus mendapat alokasi anggaran strategis guna meningkatkan SDM TNI AL yang profesional, serta peningkatan sarana, prasarana, dan alutsista TNI AL,” pungkas Puan.*** (Suk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here