Bogor | Kabarindoraya.com

Eksistensi dan solidaritas positif ditunjukan komunitas Enfielders Buitenzorg Motor Club (EBMC). Para pehobi motor gede dengan sentuhan klasik ini menggelar aksi kemanusiaan membantu warga terdampak Covid-19.

Bantuan yang berhasil dihimpun dari para anggota EMBC itu sebesar Rp 35 juta. “Ini donasi dari para anggota. Alhamdulillah Royal Enfield Global juga mendukung kegiatan ini. Sistem penyalurannya kami percayakan melalui program Jaga Asa (Jaringan Keluarga Asuh Kota) yang diinisiasi oleh Pemkot Bogor sebesar Rp 20 juta (untuk 20 keluarga) dan sisanya kami salurkan sendiri dalam bentuk paket sembako di wilayah Kebon Pedes, Tanah Sareal,” ungkap El Presidente (Ketua) EMBC Pupung W Purnama di Balai Kota Bogor, Sabtu (31/5/2020).

Penyerahan donasi untuk program Jaga Asa secara simbolis diterima langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim.

Pupung mengatakan, dipercayakannya penyaluran donasi tersebut melalui Jaga Asa karena dinilai tepat sasaran.

“Kami ingin bantuan ini diterima secara tepat sasaran. Artinya kepada keluarga keluarga yang memang belum pernah mendapatkan bantuan dari mana pun, sehingga program Jaga Asa ini menjadi pilihan kami. Kemudian selain itu juga dari sisi pendistribusian uangnya juga relatif aman dan transparan sehingga kecil kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaannya karena itu sampai ke keluarga penerima manfaat. Penerima manfaat juga sudah dilakukan verifikasi sehingga yang benar-benar membutuhkan,” jelasnya.

Pupung yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kota Bogor ini berharap, momentum ini bisa menjadi stimulus bagi elemen masyarakat lain untuk bahu membahu membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Harapan kita sebagai momentum awal kita memancing kepada komunitas-komunitas lain tidak hanya dari bikers untuk ikut berkontribusi dan ikut empati terhadap warga yang terdampak pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Tentang EBMC

Komunitas EBMC ini dideklarasikan pada 31 Agustus 2019 lalu di Kota Bogor ini memiliki cukup banyak anggotanya. Awalnya, pembentukan komunitas didasarkan pada keinginan sejumlah bikers yang memiliki kesamaan hobi menunggang sepeda motor yang sama yakni Royal Enfield. Kini, anggotanya tak cuma berasal dari wilayah Bogor (kabupaten dan kota), melainkan pula dari Depok, Sukabumi, Cianjur, bahkan Jakarta. Selain touring dan berkumpul bersama, komunitas yang memiliki tagline “Hijikeun…Abringkeun” yang dalam terjemahan bebasnya ‘Satukan dan gerakkan bersama-sama’ ini juga kerap melakukan aksi sosial, semisal penggalangan dana bantuan korban banjir dan longsor beberapa waktu lalu di Kabupaten Bogor.

(Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here