Berita Daerah Bogor Raya Headline Nasional News Pemerintahan Politik 

Evaluasi Kinerja Di Pemilu 2019, Bawaslu Kota Bogor Gathering Bareng Awak Media

46 Views

 

Bogor | Kabarindoraya.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bogor menggelar Media Gathering bersama awak media massa, cetak maupun elektronik di Cico Resort, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Acara yang dihadiri oleh pimpinan redaksi maupun insan pers yang bertugas di wilayah Kota Bogor, berlangsung selama dua hari pada 3-4 Desember 2019.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas Mau mengatakan, kegiatan media gathering ini bertujuan untuk menjalin lebih erat tali silaturahmi antara Bawaslu Kota Bogor bersama awak media serta ingin mengevaluasi proses perjalanan pemilu tahun 2019.

“Regulasi pemilu tahun 2019 ini sudah dijalankan dan proses pemilu kemarin tidak lepas dari peran maupun partisipasi yang luar biasa dari awak media sehingga hal itu pun membantu kepada Bawaslu. Oleh karenanya, kami mengucapkan terimakasih kepada awak media yang telah membantu untuk menyampaikan berbagai informasi ke Bawaslu,” ucap Yustinus, Selasa (3/12/19).

Selama perjalanan pemilu 2019, lanjut Yustinus, Bawaslu ingin melakukan evaluasi apa saja yang terjadi dalam proses pemilu, kemudian Bawaslu juga ingin tahu arahan arahan atau masukan seperti apa untuk Bawaslu kedepannya dalam menghadapi pemilu selanjutnya tepat di tahun 2024 mendatang.

“Saat pemilu kemarin, ada 27 laporan pelanggaran yang resmi masuk ke Bawaslu. Dari 27 laporan ada 13 laporan yang sudah di proses, sedangkan sisanya tidak memenuhi kriteria,” ungkap Yustinus.

Yustinus menambahkan, pada proses pemilu 2019 tingkat kesadaran masyarakat maupun partisipatif pemilu dalam melaporkan pelanggaran pelanggaran yang dilakukan masih minim sehingga kedepan Bawaslu Kota Bogor akan berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berani melaporkan langsung jika menemukan pelanggaran di pemilu.

“Jadi targetnya bagaimana kita menghadapi pemilu yang akan datang dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berani melapor jika menemukan pelanggaran pelanggaran,” tegas Yustinus.

Terkait tugas Bawaslu setelah pemilu selesai, Yustinus menuturkan, tugas Bawaslu setelah pemilu yakni mencari kader kader penyegaran yang akan bertugas atau membantu Bawaslu untuk pengawasan di pemilu selanjutnya.

“Termasuk untuk membantu meningkatkan upaya upaya untuk mensosialisasikan apa saja hal hal yang melanggar aturan saat pemilu sehingga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk pro aktif melaporkan ke Bawaslu jika menemukan pelanggaran pemilu,” pungkasnya.

Sementara, kegiatan media gathering dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas Mau serta menghadirkan pemateri dari Ketua Bawaslu Jabar dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor.

(Red)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: