Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Politik Teropong Warga 

HMI Dorong Pembentukan Perda Pengawasan Pilkades di Kabupaten Bogor

273 Views

 

 

Bogor Kabarindoraya.com | Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam-Majlis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Bogor bersepakat mendorong Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor menggagas pembentukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kelembagaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Dorongan itu disampaikan langsung Ketua HMI. Wildan Nugraha, Harapannya, regulasi itu dibahas bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Sejauh ini, kata dia, belum ada satu pun lembaga yang mengawasi jalannya proses demokrasi tingkat desa di kampung halamannya. Begitu pun di kabupaten lainnya.

“Seperti pilkada, pemilihan gubernur, bupati dan presiden ada badan pengawas pemilihan umum (bawaslu),” tuturnya, Selasa (09/07/2019).

Menurutnya, lembaga pengawasan sangat penting. Menyusul banyaknya temuan pelanggaran saat Pilkades berlangsung. Seperti praktek politik uang atau money politic.

“Sedangkan pada pilkada dan pemilu ada (bawaslu). Padahal subtansinya sama,” ucapnya.

“Saya kira perlu kiranya anggota DPRD untuk mendorong itu agar di tuangkan dalam peraturan daerah agar semua calon kepala desa (cakades) membawa dan memaparkan gagasan,” lanjut Wildan.

“Bukan lagi berapa uang yang dia punya untuk maju bertarung, tapi bertarung gagasan dan ide untuk membangun desa. Selain mengantisipasi money politik, mari kita ajarkan masyarakat berdemokrasi yang baik dan sehat,” serunya menambahkan.

“Termasuk pengawasan pemilihan BPD, kita lihat sekarang banyak desa yang ribut, itu dikarenakan tidak adanya lembaga yang mengawasi. Maka perlu ada alas hukum yang memayungi itu melalui Perda,” harap dia.

DPRD dan Pemkab harus memikirkan ini. Setiap pelaksanaan pilkades pasti ada saja yang bersoal. Memang resiko pesta demokrasi pasti ada, selalu ada pihak yang tidak terima dengan pelaksanaan dan hasilnya, tapi jika ada lembaga yang dibentuk secara khusus tentu akan meminimalisir hal itu,” tutupnya.(DAN)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: