Berita Daerah Bogor Raya Headline Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Pendidikan Teropong Warga 

IKA UNPAD dan Kaki Jabar Berikan Bantuan 1.000 Kaos Kaki

141 Views

Pasirmadang Kabarindoraya.com |

Pasca bencana alam di Kecamatan Sukajaya menyisakan keprihatinan. Demikian pula di bidang pendidikan, sekolah didorong untuk kembali memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak. Hal ini mendorong upaya pemulihan atas trauma bencana terutama bagi siswa, karena di sekolah siswa selain belajar juga menjadi media psiko sosialnya.

Kebutuhan siswa yang terdampak bencana langsung membutuhkan peralatan sekolah yang hilang diterjang longsor dan banjir bandang. Salah satu diantara sekolah tepatnya di SDN Pasirmadang 02 akhirnya terpaksa belajar di tenda karena akses jalan menuju sekolah terputus tergerus tanah longsor.

Kondisi atas keadaan siswa korban bencana alam telah mengetuk nurani semua pihak untuk membantu kebutuhan siswa. Diantaranya Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran Bandung dan Komunitas Sosial Kaki Jabar pun mendatangi Kecamatan Sukajaya untuk memberikan bantuan perleengkapan sekolah bagi siswa korban bencana.

Tidak kurang dari seribu tas, kaos kaki dan paket alat tulis diserahkan kepada siswa di enam sekolah di lokasi terdampak bencana langsung. Salah satu yang dikunjungi adalah SDN Pasirmadang 02. Selain memberikan bantuan tim IKA Unpad dan Kaki Jabar berinteraksi langsung dengan siswa yang tengah belajar di tenda pengungsi yang dibangunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Rahmat Kurnia, ketua IKA Unpad menuturkan, kebutuhan atas pendidikan anak-anak tetap harus diberikan, hal ini menggugah rekan-rekan alumni Universitas Padjadjaran Bandung untuk terjun langsung ke lokasi bencana dan bertemu dengan siswa, semoga efek trauma bencana terhadap anak-anak bisa segera pulih.

Yudi Hamzah ketua Komunitas Kaos Kaki Jawa Barat mengungkapkan bantuan pendidikan selain untuk siswa juga diperlukan bagi sekolah, beberapa sekolah yang sebelumnya jadi lokasi pengungsian mesti dibantu sarana prasarana pendidikannya, Kaki Jabar akan konsentrasi pada bantuan sosial bagi anak-anak dan dunia pendidikan terutama di daerah terdampak bencana. (Dei)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: