Kota Bogor | Kabarindoraya.com

Musyawarah IV DPW Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Hotel Onih, Bogor pada 3-4 April 2021. Dalam Muswil tersebut, Hasbulloh terpilih sebagai Ketua Umum wadah aspirasi guru madrasah se Jawa Barat menggantikan Heri Purnama.

Dihadiri 27 perwakilan DPD PGM di Jawa Barat, Hasbulloh mendapat kepercayaan mengemban amanah untuk memperjuangkan nasib guru madrasah di tengah tantangan pendidikan kini.

Hasbulloh terpilih memimpin DPW PGM Indonesia Provinsi Jawa Barat untuk masa bakti 2021-2026. Melalui proses pemilihan yang ketat, Hasbulloh mengantongi 15 suara dari 27 pemilik hak suara perwakilan DPD PGM di Jawa Barat. Sementara, petahana Heri Purnama yang juga maju dalam pencalonan, mendapat 12 suara.

“Bismillah. Ada amanat yang harus saya jaga. Kita akan sama-sama berupaya agar guru madrasah setara, agar guru madrasah berdaya, agar guru madrasah bermartabat,” ungkap Hasbulloh usai pemilihan, Sabtu (3/4/2021).

Lebih lanjut Hasbulloh menjelaskan, kerangka program yang sudah disiapkannya mengarah pada perjuangan nasib dan kesetaraan guru madrasah.

“Kita bisa melihat, proporsi anggaran untuk madrasah di Kementrian Agama dengan sekolah yang ada di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, perbedaannya terlampau ironis. Begitu juga formasi untuk pengangkatan guru honorer atau formasi PPPK yang disiapkan bagi guru madrasah. PGM Jawa Barat akan turut menggedor demi kesetaraan yang berkeadilan,” paparnya.

Ia juga akan berfokus pada peningkatan kapasitas guru madrasah sekaligus menjawab tantangan teknologi dan kondisi pendidikan di masa pandemi. Selain menguatkan sinergitas PGM Jawa Barat dengan pihak-pihak terkait, Hasbulloh juga mencoba merancang program nyata peningkatan kesejahteraan guru.

“Kesejahteraan bukan hanya karena soal pendapatan, tetapi upaya memenuhi kebutuhan dirinya agar bisa berfokus melaksanakan kegiatan pembelajaran,” tambahnya.

Ketua Steering Commite (SC) Muswil IV DPW PGM Jawa Barat, Dede Syamsul Anwar mengungkapkan terpilihnya Hasbulloh mengemban amanat Muswil adalah hasil yang paling demokratis dalam organisasi PGM Jawa Barat.

“Melihat proses dan alur dalam persidangan, juga hasil pemungutan suara dan berbagai kesepakatan yang dibangun, ini Muswil paling demokratis. Karenanya apapun yang sudah terjadi, semua pihak harus menerima hasil musyawarah ini dan mendukung perjalanan organisasi PGM untuk menjaga amanat dan harapan yang kita sepakati,” tegas Dede.

Sementara, Heri Purnama yang kini sudah demisioner sebagai Ketua DPW PGM Jawa Barat berharap organisasi PGM tetap menjadi rumah besar bagi guru madrasah.

“Proses Muswil ini patut diapreasiasi. Proses yang sangat luar biasa. Hari ini adalah awal yang baik bagi PGM ke depan,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here