Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kabar Daerah kesehatan Nasional News Pemerintahan Teropong Warga 

Kel Tapos Adakan Sosialisasi Tentang Penyakit Menular

60 Views

 

Depok Kabarindoraya.com |

Penyakit menular adalah penyakit yang dapat ditularkan atau berpindah dari orang yang sakit ke orang yang sehat atau belum terkena penyakit menular tersebut. Penularan penyakit tersebut dapat terjadi baik melalui perantara maupun secara langsung.

Bertempat di Wisma Kinasih seputaran Kel Cilangkap, Jumat(8/11)Kelurahan Tapos kecamatan Tapos Kota Depok lakukan kegiatan sosialisasi tentang penyakit menular,Kegiatan ini dihadiri Sekertris Kecamatan(Sekcam)Drs.H.Jarkasih, Lurah Tapos Tri Sutanto.S.Sos, M.Si, Kasie Kemas Herawati.A.Md, Kasie Ekbang Jaji S.Pd, Dedi Wiati, para TP. PKK tingkat RW, dan undangan dengan nara sumber Dina Agustin disen dari universitas ternama dan dr. Mamik dari Upt.Puskesmas Kec Tapos.

Dalam sambutanya Drs.H.Jarkasih mengatakan ” saya menyambut baik kegiatan ini, apa lagi situasi cuaca saat ini panca roba dan kurang bersahat buat kesehatan, ” jelas Sekcam didampingi Lurah Tapos.

Dalam penjelasanya Dina Agustin mengatakan, berdasarkan Permenkes nomor 82 tahun 2014 tentang penanggulangan penyakit menular bahawa penyakit menular masih menjadi masalah kesehatan masyarakut yang menghasilkan kesakitan, kematian, dan kecacatan yang tinggi.

Perlu dilakukan penyelenggaraan penanggulangan melalui upaya pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan yang efektif dan efisien.

” Dalam hal ini para kader PKK yang tergabung di pos binaan terpadu(Posbindu) harus tampil didepan dalam pencegahan penyakut menular.
Karena salah satu kegitan di posbindu juga aktif monitoring terhadap kesehatan warganya, ” jelas Dosen ini.

Ditempat yang sama Tri Sutanto dalam arahanya didepan 80 kader dan tokoh masyarakat ini mengatakan ” penyakit menular diantaranya demam berdarah dengue akibat pergantian musim karena sudah mulai musim penghujan ini.
Selain DBD juga Tuberkulosis (TB) yaitu penyakit menular yang dapat menyerang paru dan organ lainnya. Ini masih menjadi salah satu masalah di lingkungan kita. Diharapkan kegiaran ini mendapat ilmu untuk dipraktekan dilinkunya, ” terang Tri Sutanto.( Rudi/Redaksi)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: