Berita Daerah Bogor Raya Headline Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Politik Teropong Warga 

Ketua Dewan Soroti Bencana Kekeringan Semua Elemen Harus Cepat Tanggap

96 Views

 

 

Bogor Kabarindoraya.Com |

Bencana kekeringan yang tengah melanda dibeberapa wilayah yang ada di Kabupaten Bogor mendapat sorotan serius dari Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudi Susmanto .

Rudi menilai saat ini bencana kekeringan masih terus meluas dan bisa terjadi sampai akhir kemarau tahun ini.

Ia berharap, semua SKPD dan elemen terkait harus cepat tanggap dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi soal kekeringan di sejumlah wilayah yang terdampak terutama dibeberapa kecamatan yang ada di bagian timur Kabupaten Bogor dan bagian barat Kabupaten Bogor sepetri Parung Panjang, Jonggol, Cariu.

“ BPBD dan PDAM Kabupaten Bogor harus bisa menjamah kesemua lokasi korban bencana kekeringan yang daerahnya sulit ditemukan air bersih,” tegas Rudi Susmanto.

Tak hanya itu, Rudi meminta, Pemkab Bogor melalui SKPD terkait harus terus memonitor kondisi lapangan sampai hari ini terutama daerah daerah yang terdampak kekeringan.

“Pemkab Bogor melalui SKPD terkait dan PDAM Tirta Kahuripan harus melakukan program jangka pendek, jangka menengah dan jangak panjang untuk mengatasi korban bencana kekeringan di sejumlah desa yang terdampak,” bebernya

Terkait PDAM dan BPBD Kabupaten Bogor, Rudi minta harus tetap memantau dan menjalankan leadernya untuk terus mendistribusikan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Bogor yang terdampak bencana kekeringan.

Dalam kesempatan yang sama, politisi dari Partai Gerindra ini menekankan agar semua masyarakat di Kabupaten Bogor untuk saling membantu satu sama lain.

“ Masyarakat yang tidak terkena dampak kekeringan harus menunjukan kepeduliannya dengan membantu saudara saudaranya yang tengah dilanda kekeringan. Kondisi ini sangat penting di butuhkan dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkas Rudi Susmanto

Dilain pihak, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Lukman Ar Rasyid berharap BPBD dan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor harus terus melakukan tindakan yang Pro Aktif dan terus mengirimkan tangki-tangki air bersihnya ke sejumlah desa dari semua kecamatan yang terdampak bencana kekeringan di Kabupaten Bogor saat ini.

“ Kondisi kemarau saat ini masih belum bisa diprediksi ujungnya. Untuk itu, BPBD dan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor harus tetap melakukan siaga tangki airnya ke semua kecamatan yang dilanda kekeringan ,” beber Lukman.

Tak hanya itu, kata Lukman, Pemkab Bogor kedepannya harus melakukan penambahan atau pembelian unit unit tangki air yang bisa menjangkau semua wilayah yang tersebar di 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor.

“ Saya tidak tahu persis ada berapa unit tangki air yang dimiliki BPBD Kabupaten Bogor saat ini, yang jelas karena wilayah Kabupaten Bogor sangat luas dan memiliki 40 kecamatan , maka perlu adanya program pembellian mobil –mobil tangki air yang baru supaya seimbang dengan luas wilayah di Kabupaten Bogor,” pungkas Lukman.

Sementara itu, Direktur Operasional PDAM Tirta Kahuruipan Kabupaten Bogor, Eka Bhinekas menegaskan pihaknya telah melakukan langkah langkah penanganan bantuan ke sejumlah kecamatan yang terdampak kekeringan di Kabupaten Bogor.

“ Untuk yang non pelanggan PDAM, kami sudah mengirimkan mobil tangki ke 15 kecamatan dan bekerjasama dengan BPBD dan Polres Bogor,” tegas Eka Bhinekas

Sementara untuk pelanggan PDAM, khususnya di Kecamatan Parung Panjang sudah dilakukan subtitusi air baku dari Rumpin ke Parung Panjang .

“Sedangkan untuk Jonggol dan Cariu, kami melakukan pengiriman mobil tangki air langsung ke wilayah terdampak,” papar Eka

Tak hanya itu, kata Eka, untuk jalur pipa Ciburial, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor saat ini sedang melakukan pengaturan tekanan dan setting debit air untuk pemerataan. (WanSep)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: