Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Politik Teropong Warga 

Konfercab 21 PMII Bogor Deadlock

262 Views

 

Cibinong Kabarindoraya.com |

Konferensi Cabang ke 21 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bogor menemui jalan buntu. Konfercab menemui kebuntuan akibat munculnya wacana pembentukan rayon di beberapa kampus. Menurut informasi yang diperoleh wartawan, tak hanya pembentukan rayon, kebuntuan juga disebabkan adanya kepentingan politik para senior yang bertentangan dengan kebutuhan organisasi.

“Munculnya wacana rayon di beberapa kampus menjadi awal mula perdebatan di agenda kesepakatan tatib konferensi terkait peserta,” ujar salah satu peserta yang enggan disebutkan namanya, Ahad 17 November 2019.

Mengacu pada peraturan organisasi, jika rayon akan ditetapkan untuk menetapkan jumlah peserta harus ada pembentukan rayon persiapan, tidak bisa langsung ditetapkan sebagai rayon definitif.

Konferensi yang dibuka Jumat 15 November 2019 di ruang serbaguna 1 Kabupaten Bogor telah berlangsung 3 hari. Setelah pembukaan konfercab dipindah di Gedung PCNU Kabupaten Bogor. Perdebatan panas terjadi bahkan hingga memecahkan ubin gedung PCNU.

Peristiwa itu terjadi setelah badan pengurus harian cabang yang belum demisioner gagal memutuskan apakah rayon definitif dapat mengutus jumlah peserta penuh yang memiliki suara. Setelah itu, pengurus kemudian melemparkan ke forum yang berujung kericuhan dan akhirnya buntu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Terpisah, sumber dari pihak lain di PMII Cabang Bogor mengungkapkan bahwa kebuntuan diakibatkan ada pihak yang tidak siap kalah. Sebelum konfercab dimulai sudah muncul 3 kandidat yakni Imam dari Umiversitas Nahdlatul Ulama, Hasan dari STAI La Roiba dan Bela Akbar dari STAI Aulia.

“Ada permainan politik dari para senior yang tidak siap kalah. Nanti kami akan buat kejutan bagi para senior itu,” ungkap sumber wartawan di lokasi acara.

Kebuntuan ini memang tidak lazim terjadi di PMII Cabang Bogor. Kendati demikian dengan kedewasaan berorganisasi dan mengedepankan kemajuan organisasi maka kebuntuan pemilihan ketua PMII Cabang Bogor akan mampu dituntaskan para kader.(Redaksi)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: