Bogor | Kabarindoraya.com – Memperingati anniversary 1 tahun Komunitas Pecinta Tembakau Nusantara Indonesia (KPTNI) menggelar beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan edukasi tentang tembakau, expo tembakau serta santunan anak yatim piatu.

Kegiatan dengan mengusung tema “Culture Rolling Tobacco Festival” bertempat di Villa Orange Camp, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dan diikuti oleh ratusan penggiat tembakau di seluruh Indonesia mulai dari petani, pabrik, peracik sampai dengan pelaku usaha tembakau.

Ketua KPTNI Palpenk mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat pecinta tembakau mulai dari petani sampai ketingkat distribusi.

 

“Kegiatan ini juga agar semua mengenal dan bisa merasakan tembakau Indonesia seperti apa, saya berharap kedepannya pasar tembakau Indonesia bisa menembus pasar luar negeri,” ucap Palpenk kepada wartawan.

 

Lebih lanjut, Palpenk menerangkan untuk expo yang diikuti oleh pelaku usaha tembakau dengan menyediakan berbagai alat dam aksesoris membuat rokok.

“Total peserta untuk expo sebanyak 25 peserta. Selain tembakau di expo ini juga menyediakan aksesoris , kertas, busa untuk membuat rokok,” katanya.

Sementara itu, Sekjen KPTNI, Heraldi PK menuturkan KPTNI merupakan sebuah komunitas yang mewadahi para petani, produsen sampai tingkat distribusi tembakau.

“KPTNI juga akan terus berinovasi agar tembakau bisa dinikmati diseluruh nusantara bahkan ke mancanegara,” tuturnya.

Menurut Heraldi, letak geografi suatu daerah sangat mempengaruhi kualitas temabakau itu sendiri, contoh di Jawa Tengah yang bersinggungan langsung dengan gunung merapi tembakau disana mempunyai karakter yang khas dengan isapan maupun dengan nikotin yang tinggi.

“Kualitas tembakau itu relatif, tapi ada yang bilang kualitas tembakau terbaik itu dengan harga yang mahal,” ujarnya.

Ia pun mengajak penikmat tembakau yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor untuk bergabung dengan KPTNI, sebab KPTNI ingin merangkul semua penikmat atau penghobi tembakau.

“Buat temen-temen yang hobi maupun yang baru mencoba menikmati tembakau bisa datang ke wasebar di Cilendek, Kota Bogor atau ke kedai-kedai tembakau lainnya yang berafiliasi dengan KPTNI, karena kita ingin merangkul penikmat tembakau menjadi saudara dalam KPTNI,” pungkasnya. (Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here