Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Pileg Pilpres Teropong Warga 

KPU Gelar Sosialisasi Pemilih Disabilitas BBVRBD Karadenan

320 Views

KPU Gelar Sosialisasi Pemilih
Disabilitas BBVRBD Karadenan

Cibinong Kabarindoraya.com- KPU Kabupaten Bogor menggelar sosialisasi dan simulasi kecil bagi pemilih disabilitas di Balai Besar Vokasional Rehabilitasi Bina Daksa (BBVRBD) di Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong, Jumat 12 April 2019. Sebanyak 100 orang peserta dari BBVRBD mengikuti dengan antusiastik dan merasa telah memiliki pemahaman cukup untuk datang ke TPS pada 17 April 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Herry Setiawan menjelaskan bahwa semua kelompok masyarakat harus terpapar informasi Pemilu 2019 sesuai ketentuan UU nomor 7 tahun 2017, termasuk kelompok masyarakat penyandang disabilitas.

“Simulasi kecil bagi pemilih penyandang disabilitas menjadi penting agar terbangun kepercayaan kepada penyelenggara pemilu bahwa lokasi TPS harus aksesibel bagi penyandang disabilitas dan subyek pemilih juga merasa percaya diri untuk datang ke TPS karena terlayani dengan baik dan tidak diskriminilatif,” ujar Herry.

Dalam kesempatan itu, Relawan Demokrasi berbasis penyandang disabilitas terjun langsung mendampingi dan memaparkan informasi surat suara, bilik suara dan aturan-aturan dalam TPS pada pemungutan dan penghitungan suara.

“Alhamdulillah antusiasme peserta luarbiasa mengikuti semua informasi yang kami sampaikan. Ini bukti awal ada keinginan kuat bagi pemilih berbasis disabilitas untuk berpartisipasi di pemilu dengan datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” ujar Yusinta, salah satu relawan demokrasi KPU Kabupaten Bogor.

Erwin Kabey, salah satu peserta dari BBVRBD mengaku senang sekali bisa ikut sosialisasi dan simulasi kecil pemungutan suara di BBVRBD.

“Senang sekali bisa ikut simulasi ini, saya jadi tahu dan sudah punya bayangan akan seperti apa pelaksanaan pemungutan suara di 17 April nanti,” tandas Erwin.(Wan)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: