Bogor | Kabarindoraya.com

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor mengadakan penanaman 1000 pohon di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja. Kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan ini merupakan bagian dari Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 28 November 2020.

Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor H. Agus Ridallah, S. H., M. H., M. Pd. bersama KCD Perhutani mengawali penanaman pohon itu. Kemudian dilanjutkan oleh andalan cabang, Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan Pramuka Peduli Kabupaten Bogor.

“Selain kegiatan menanam diharapkan adanya upaya untuk merawat dan menjaga pohon yang kita tanam agar bisa bermanfaat di kemudian hari,” pesan Agus, Sabtu (28/11/2020).

Menurut Waka Saka, Sako, dan Bela Negara Michael YF. Mamoto, S. Ip., selain di Bumi Perkemahan Cimandala, penanaman juga dilakukan di seluruh kwartir ranting se-Kabupaten Bogor secara serentak.

“Total ada 3.000 bibit pohon yang disiapkan untuk penanaman serentak di Buper Cimandala dan seluruh kwarran yang ada di kabupaten Bogor,” terang dia.

Sedangkan menurut Suhendar, S.Pd. I. selaku Ketua Harian Pramuka Peduli Kwarcab Bogor, kegiatan penanaman pohon ini diprakarsai oleh Kwartir Daerah Jawa Barat, Perhutani, dan Pramuka Peduli.

“Tak hanya di Kwarcab Bogor saja, kegiatan ini juga dilakukan secara serentak oleh kwarcab lain di Jawa barat,” sambung Suhendar.

Lebih lanjut Suhendar menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk melakukan penghijauan khususnya di Kabupaten Bogor dan umumnya di Jawa Barat. Selain itu, penanaman ini sebagai bentuk kecintaan Pramuka terhadap lingkungan dan alamnya sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

Kegiatan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia ini dibuka secara langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Bogor. Hadir juga Kepala Cabang Dinas Kehutanan Dedi Kuswandi, Waka Saka, Sako, dan Bela Negara Michael YF. Mamotto, Andalan Saka Maulana, Andalan Bela Negara Kolip, Andalan Penggalang Putra Sholeh, Andalan Penggalang Putri Rita, dan Satgiat Pramuka Peduli Kwarcab Kabupaten Bogor. (Hai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here