Berita Daerah Bogor Raya Headline Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Teropong Warga 

Longsor Putus Jalur Cianjur – Bandung 

166 Views

CIANJUR Kabarindoraya.com |

Jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Cianjur-Kabupaten Bandung tertimbun longsor,Kamis (26/3/2020) malam. Material longsoran yang menutup seluruh badan jalan membuat akses jalan terputus dari kedua arah.

Dilansir dari (detik.com,) bencana tersebut dipicu hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Cianjur selama beberapa jam. Tebing setinggi 20 meter di Kampung Kampung Ciuja, Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur itu sudah menunjukkan tanda-tanda akan longsor.

“Warga sempat melihat adanya longsoran kecil pada sore hari. Setelah melihat pertanda itu pun kami langsung peringatan pengguna jalan untuk ekstra hati-hati karena hujan masih turun deras,” kata Kapolsek Naringgul Iptu Sumardi saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (26/3/2020).

Menjelang malam hari, tebing itu pun longsor, dengan panjang longsoran 50 meter dan material tanah serta batu pun menutup seluruh badan jalan hingga tak bisa dilewati, baik mobil maupun sepeda motor.

“Badan jalan semuanya tertimbun. Ketinggian material longsoran mencapai 2 meter,” kata Sumardi.

Begitu kejadian, pihak kepolisian dibantu warga berusaha menyingkirkan material longsoran. Tetapi normalisasi belum menunjukkan hasil hingga sekitar pukul 21.30 WIB, sebab hanya menggunakan alat seadanya.

Tetapi, lanjut Sumardi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Binamarga Provinsi Jawa Barat, agar segera menerjunkan alat berat ke titik bencana.

“Memang harus pakai alat berat, karena material longsorannya cukup tinggi dan panjang. Dia berharap normalisasi jalan bisa selesai sebelum dini hari, mengingat jalur tersebut ramai dilalui kendaraan pedagang atau pemasok barang ke sejumlah wilayah selatan Cianjur menuju Bandung,” katanya.(dtk/Rn)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: