Cibinong | Kabarindoraya.com

Cabang olahraga (Cabor) futsal dan sepak bola Kabupaten Bogor optimis meraih emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022 mendatang.

Meski kedua cabor mengaku kesulitan menggelar latihan saat pandemi Covid-19 saat ini. Hal ini diutarakan Teguh Hariadi dari Asosiasi Futsal Kabupaten Bogor dan Dedi Cakra Pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Bogor saat berdialog di Radio Tegar Beriman (Teman) 95,3 FM, Diskominfo, Jumat (11/9).

Teguh mengatakan, Futsal Kabupaten Bogor punya segudang potensi pemain, bisa dibilang surplus pemain. Kebetulan untuk Futsal tidak terlalu sulit mencari pemain, dan pelatih untuk tim putra dan putri sudah ada. Namun banyak kegiatan yang harus terhenti karena pandemi termasuk agenda turnamen dan latihan.

“Rencananya bulan ini akan mengunjungi tujuh wilayah untuk melihat kemampuan anak-anak futsal. Ini sekedar untuk memberikan apresiasi, siapa tau dari kegiatan ini kita akan ketemu bibit atlet potensial. Sebetulnya, satu atau dua turnamen masih tetap ada namun tidak dilakukan secara besar-besaran serta tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang berlaku”, terang Teguh.

Meski demikian, lanjut Teguh, kami tetap melakukan segala upaya mempersiapkan yang terbaik untuk menjadi juara pada Porda 2022. Untuk tim putra, langsung lolos babak kualifikasi kalau putri tetap harus ikut babak kualifikasi. Target kami meraih dua emas yakni masing-masing untuk tim putra dan putri.

“Saat ini tim futsal Kabupaten Bogor yang sudah siap sebanyak 28 pemain putra dan 16 pemain putri. Alhamdulillah torehan prestasi kami dua tahun kemarin di Porda Jawa Barat kami meraih emas”, tandasnya.

Kita tetap buat planning kedepan, seperti seleksi tingkat wilayah, seleksi tingkat kabupaten, dan  latihan intensif. Kendalanya adalah penerapan protokol kesehatan jadi kalaupun ada seleksi tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Saat ini di Kabupaten Bogor belum memungkinkan mengadakan kembali liga futsal. Mudah-mudahan pandemi cepat berlalau dan semua kembali seperti sedia kala.

Senada dengan Asosiasi Futsal Kabupaten Bogor, Dedi Cakra pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Bogor mengatakan saat ini tengah mempersiapkan segalanya untuk juara di Porda 2022, meski sedang terkendala pandemi.

“Memang sangat sulit bagi kami mengadakan kegiatan saat pandemi, namun alhamdulilah kami telah melaksanakan amanat kongres dengan melaksanakan seleksi di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Kami didampingi satgas covid dan pihak keamanan melaksanakan seleksi dengan protokol kesehatan dan berhasil terpilih 80 pemain”, terang Dedi.

Dedi menambahkan, yang mendaftar untuk seleksi tim usia 21 ada 600 orang. Dan selesai terseleksi sebanyak 80 orang. Selanjutnya akan kita seleksi kembali menjadi 30 orang. Kita harus berjibaku di babak prakualifikasi, tentunya harapan kami meraih emas pada Porda 2022.

“Saat ini yang kami harapkan adalah realisasi dukungan dari KONI Kabupaten Bogor bisa segera diwujudkan. Selanjutnya sinergi antara KONI dan pengurus cabor bisa terus ditingkatkan”, papar Dedi.

(Edy M/Fzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here