Bogor | Kabarindoraya.com

Lonjakan tagihan air bulan Juli 2020 menjadi perhatian serius Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Managemen berupaya menyelesaikan polemik agar pelanggan tidak terbebani tagihan air di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Sonny Hendarwan menyampaikan bahwa Tirta Pakuan sangat memahami apa yang dirasakan pelanggan saat ini.

Pelanggan terkejut mengetahui tagihan airnya membengkak tidak seperti biasanya. Namun hal tersebut sebetulnya dapat teratasi.

“Kami paham pelanggan kaget. Kok tagihan bulan ini bisa naik, sampai beberapa kali lipat. Mohon jangan panik dulu. Ini bisa diselesaikan dengan cara-cara yang sudah biasa dilakukan. Mohon jangan panik dulu,” kata Sonny.

Pertama, saat mengetahui ada lonjakan pembayaran, pelanggan bisa langsung berkomunikasi dengan Tirta Pakuan. Baik datang langsung ke kantor, atau melalui Call Center di nomor 0251-8324111 dan WA 08111182123.

“Saat melapor, mohon sertakan angka stand meter terakhirnya. Silakan tanya, apa angkanya cocok tidak dengan data hasil pembacaan meter Tirta Pakuan. Kalau ternyata tidak cocok, angkanya bisa dikoreksi,” ujar Sonny.

Tirta Pakuan tak mungkin “asal tembak” angka stand meter pelanggan, karena akan merugikan pelanggan dan perusahaan sendiri. Untuk mencocokan angka stand meter, pelanggan bisa melaporkan sendiri angka stand meternya melalui Call Center.

“Kami tidak asal hitung. Kami punya data (angka stand meter), pelanggan juga punya. Silakan cocokan,” kata Sonny.

Hal lain yang membuat tagihan air melonjak adalah kemungkinan ada pipa bocor pada jaringan pipa dalam rumah (pipa persil). Sonny mengimbau pelanggan memeriksa meter airnya secara berkala.

“Ini juga penting. Meter air sebaiknya dicek secara rutin. Kalau ada pipa bocor di dalam rumah, bisa keliatan di situ,” jelasnya.

Kalau pelanggan merasa ada pipa bocor di dalam rumah, segera laporkan kepada Tirta Pakuan. Petugas siap membantu menemukan titik bocor, meski tetap menjadi tanggungan pelanggan.

Jika tidak ditemukan bocor pipa persil, pelanggan dapat mengajukan tera meter untuk memastikan keakuratan angka meter. Khawatir ada permasalahan pada sistem putaran kubikasinya.

Jika ternyata seluruh prosedur itu telah terpenuhi, dan pembayaran harus tetap dilakukan, pelanggan bisa mengajukan permohonan cicilan.

“Jadi kami imbau pelanggan segera menghubungi Call Center atau datang ke kantor untuk menyelesaikan permasalahnnya. Kami bantu dengan sepenuh hati,” tutup Sonny.

(Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here