Bogor | Kabarindoraya.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkomitmen untuk mendukung kemajuan olahraga dan memperhatikan insan olahraga yang berprestasi, melalui pemberian bonus, beasiswa Pancakarsa, hibah, dan fasilitas lainnya. Semangat memajukan olahraga dibuktikan secara konkrit.
“Intinya dukungan Pemkab Bogor sangat konkrit dan spektakuler untuk kemajuan olahraga. Kabupaten Bogor merupakan salah satu yang terbesar dukungan anggarannya untuk olahraga dibandingkan dengan daerah lain. Kemudian kita punya PPOPM yang menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang punya diklat atlet,” terang Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai membuka Rapat Koordinasi KONI Kabupaten Bogor tahun 2022, di Hotel Darmawan Park, Babakan Madang, Kamis (9/6).
Untuk diketahui, tanggal 30 Mei lalu, Pemkab Bogor menyerahkan bonus kepada 51 atlet peraih medali pada PON XX dan 35 atlet Peparnas XVI Papua 2021, 9 pelatih pendamping atlet, maupun official.
“Kami punya niat besar untuk masyarakat yang memang berkontribusi untuk Kabupaten Bogor, khususnya di bidang olahraga, dengan memberikan perhatian, salah satunya berupa bonus,” kata Iwan.
Terkait soal bonus, lanjut Iwan, pasti kita persiapkan, saya sudah perintahkan jajaran untuk mengkaji. Kami juga mengajak seluruh stakeholder untuk duduk bersama dan mendukung olahraga di Kabupaten Bogor.
“Saya mengetuk hati para pengusaha yang ada di Kabupaten Bogor memberikan kontribusinya, bisa berupa CSR. Potensi anggaran itu bukan hanya dari APBD saja tapi masih banyak dari luar, tinggal bagaimana kita mampu mengelolanya dengan baik,” ujar Iwan Setiawan.
Dalam waktu dekat, ungkap Iwan, Insyaallah akan kita berikan bonus untuk atlet-atlet kita yang berprestasi di SEA Games Vietnam, hanya waktunya akan kita atur. Besarannya sesuai dengan kemampuan kita karena ini sifatnya adalah kadeudeuh. 
“Semoga di Porprov kita dapat mempertahankan posisi juara umum yang kita raih saat Porda 2018 dan meningkatkan perolehan medali. Oleh Karena itu, KONI dan seluruh Pengcab bersama Pemkab Bogor dan seluruh stakeholder olahraga harus terus satu frekuensi,” tandas Plt. Bupati, Iwan Setiawan.
Ketua Umum KONI Jawa Barat, Brigadir Jenderal TNI (Purn) H. Ahmad Saefudin, menambahkan, Kabupaten Bogor adalah salah satu kontributor terbesar prestasi olahraga baik di PON maupun di SEA Games. Tinggal sekarang keperkasaannya harus dipelihara terus. Saya mengapresiasi atas kontribusi yang terbesar tersebut kepada Pemkab Bogor, kepada para atlet, dan para pembina olahraga di Kabupaten Bogor.
“Saya melihat dari sisi dukungan anggaran, Kabupaten Bogor lebih besar dari kabupaten kota yang lain, bahkan dengan KONI Jawa Barat saja masih lebih besar Kabupaten Bogor,” ujar Ahmad Saefudin.
Ketua Umum KONI Kabupaten Bogor, Junaidi Samsudin (Junsam) menjelaskan, melalui Rakor ini kami ingin menghasilkan sistem pembinaan olahraga prestasi yang terencana, terstruktur, terintegrasi dengan pendekatan IPTEK dan sport science. Juga dihasilkannya koordinasi antar Cabor, serta berkembangnya sport industry dan sport tourism di Kabupaten Bogor.
Kami juga mengusung jargon “Perkasa” yakni pertahankan kasta juara, ada 828 atlet yang sudah terdaftar akan kami berangkatkan ke Porprov XIV Jawa Barat. Insyaallah atlet-atlet inilah yang akan mewujudkan Kabupaten Bogor “Perkasa”. Saya yakin ketika kita semua sejalan, target 175 emas bisa kita raih,” jelas Junsam.
(Tubagus Arief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here