Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kab Bogor Kabar Daerah Nasional News Pemerintahan Politik Teropong Warga 

Pemkab Bogor Pilkades Serentak November 2019 Mendatang HMI Dorong Bentuk Pengawasan Khusus

608 Views

 

Bogor Kabarindoraya.com | Untuk lajunya roda pembangunan November 2019 Mendatang pemerintah kabupaten Bogor akan mengadakan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak dengan jumlah 273 kepala desa,ini sangat diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk pemerataan pembangunan didesa,wildan nugraha Ketua Himpunan Mahasiswa Islam-Majlis Penyelamat Organisasi (HMI MPO)cabang Bogor,mengapresiasi Pemkab Bogor dalam menguatkan demokrasi tingkat lokal.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten​ Bogor sangat memperhatikan pelaksanaan pilkades di 273 desa yang akan dilaksanakan pada bulan November 2019 mendatang.

“Semangat menguatkan demokrasi tingkat lokal patut diacungi jempol pada Pemerintah Kabupaten​ bogor. Karena demi terselenggaranya Pilkades serentak oleh Pemkab Bogor yang mengalokasikan dana APBD tahun 2019 sebesar Rp 32 miliar” kata Wildan.

Namun wildan menilai sistem pemilihannya tidak diatur dengan baik, itu terbukti karena tidak adanya regulasi dari Pemerintah Kabupaten atau panitia pilkades tingkat kabupaten.

“Seharusnya Pemkab segera mengeluarkan regulasi membentuk Panitia Pilkades ditingkat Kabupaten untuk mengkoordinir secara total pada pelaksanaan Pilkades serentak sesuai yang diatur permendagri Nomer 112 di pasal 5” tegas Wildan.
koordinir yang dimaksud, lanjut wildan, adalah berupa penetapan regulasi teknis tahapan-tahapan pelaksanaan pada pilkades November 2019 mendatang, seperti tatacara pencalonan, kampanye, tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

“Hal itu sangat perlu kerena subtansinya untuk menjaga keutuhan demokrasi tingkat lokal, kebijakan khusus,sebagai payung hukum dibuat oleh pemerintah kabupaten yakni Bupati Bogor,demi menghindari atau mencegah dari politik uang yang dilakukan oleh para kontestan” sehingga dikemudian hari usai Pilkades bisa tidak berpolemik jelasnya(Dan)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: