Kalteng | Kabarindoraya.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah mendatangkan tim profesional untuk mempercepat pembentukan desa wisata berstandar internasional.

Kapuas merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Selain sungai kapuas, suku dayak, dan rumah betang yang ada di kecamatan Selat. Kapuas juga memiliki air terjun gunung Puti, pulau Telo, serta wisata kuliner yang terdapat di kawasan kota Kuala Kapuas.

Menurut sejarah, nama Kapuas sendiri berasal dari nama daerah yang juga bernama Kapuas. Hingga tidak heran jika sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu sampai ke tempat bermuara diberi nama Kapuas, dan hingga saat ini Kapuas memiliki julukan sebagai kota air.

Bupati Kapuas Ben Brahim Bahat (pake batik) tengah bincang-bincang dengan Gambar Tubagus Ardhika (baju putih) dari Tenaga Profesional, Kamis (17/6/2021).

Bupati Kapuas Ben Brahim Bahat dalam keterangannya menyampaikan bahwa kolaborasi dengan tenaga profesional di bidang pariwisata, merupakan upaya pemerintah daerah untuk menciptakan serta percepatan pembentukan desa wisata di Kapuas.

Menurut Bupati, desa wisata ini harus segera dibentuk melalui pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang terukur secara persuasif.

“Pembentukan desa wisata ini tentunya butuh dukungan dari banyak pihak, baik dari DPRD maupun dari seluruh stakeholder lainnya, agar masyarakat di desa nantinya menjadi masyarakat yang produktif dan mandiri,” ungkap Ben Brahim Bahat, Kamis (17/6/2021).

Seperti yang pernah disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahudin Uno, Ia mengatakan bahwa Pariwisata merupakan salah satu sektor yang mampu mendongkrat perekonomian selama pandemi Covid-19, yakni melalui desa wisata.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, usai melantik pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Jakarta, Selasa (15/6).

Bupati Kapuas Ben Brahim Bahat (Tengah) dan Anggota DPRD Fraksi PKS HM. Rosihan Anwar (kiri) serta Gambar Tubagus Ardhika (Kanan) dari Tenaga Profesional, saat pertemuan di ruang Aula Bapedda Kabupaten Kapuas, Kamis (17/6/2021).

Sementara, Gambar Tubagus Ardhika, dari pihak Tenaga Profesional mengungkapkan bahwa Kabupaten kapuas memiliki potensi yang sangat besar untuk pariwisata.

Menurut Gambar Tubagus, seharusnya kabupaten Kapuas bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang berstandar international, karna memiliki potensi alam yang luar biasa.

“Kami optimis dengan kolaborasi ini pariwisata kabupaten Kapuas dapat menjadi salah satu pengerak pemulihan ekonomi, khususnya di kabupaten Kapuas sendiri,” ungkapnya.

Anggota DPRD kabupaten Kapuas fraksi PKS, HM. Rosihan Anwar turut menyampaikan pembentukan desa wisata ini merupakan rangsangan bagi masyarakat untuk lebih kreatif serta memiliki jiwa inovatif tinggi terhadap desanya sendiri.

“Sebab, ketika perekonomian desa meningkat, tentunya hal itu bisa dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat lokal,” tandasnya.

 

(Fauzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here