Jakarta | Kabarindoraya.com

Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto, S.E., M.M. meninjau pelaksanaan kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-70 Lantamal III.

Dengan mengusung tema “Indahnya Kebersamaan”, dan mengundang Tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta, acara donor darah berlangsung di ruang serbaguna Mako Lantamal III Jl. Gunung Sahari No.2 Ancol Jakarta utara. Kamis (22/10/2020).

PMI telah membuat protokol kesehatan terkait pelaksanaan donasi darah di masa pandemi Covid-19, yakni dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum berdonasi, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan.

“Ketersediaan stok darah di masa PSBB, banyak dibantu oleh TNI, Polri, ASN, termasuk saat ini dilaksanakan di Lantamal III Jakarta, dari 145 personel yang terdaftar dan berhasil diambil sebanyak 132 Kantong darah @450 ml.” ungkap dr Linda Lukitari Waseso (Pengurus bidang donasi darah PMI Pusat).

Sedangkan tim yang diturunkan oleh PMI sebanyak 14 orang, sebagai ketua Tim Bp. Sabri Saiman dan Bp. Dwi Hariyanto. Masyarakat diimbau untuk menyumbangkan darahnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah donor (pemberi sumbangan,red) membuat stok darah di PMI menurun. Hingga saat ini penurunan stok darah sekitar 10-20 persen. Di tengah pandemi Covid-19, kebutuhan darah tetap ada untuk berbagai terapi penyakit, mulai dari yang membutuhkan darah rutin seperti pasien penyakit thalasemia atau kanker, hingga penyakit yang tidak rutin seperti demam berdarah, kecelakaan, atau ibu melahirkan.

(Edy Murti,S.IP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here