Berita Daerah Bogor Raya Headline Hukum Kabar Daerah Nasional News Pertahanan Politik Tak Berkategori 

PLN Perkuat Pasokan Listrik Bogor dan Bekasi

814 Views

PLN Perkuat Pasokan Listrik Bogor dan Bekasi

Gunungputri – PLN unit induk jawa bagian tengah II terus memperkuat dan menambah daya listrik di interbus transformer (IBT) gardu induk tegangan ekstra tinggi (Gitet) Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (30/10/2017).

Dengan menggandeng PT Sejahtera mulia kencana dan PT Siemens Indonesia, pihak PLN menambah suplai daya listrik khususnya di wilayah Bogor dan Bekasi sebesar 500 MVA dari tegangan 500 kV menjadi tegangan 150 kV.

Menurut manajer PLN unit pelaksana proyek jaringan jawa bagian tengah IV, Zaky Adikta, dengan dibangunnya trafo IBT 3 Cibinong maka PLN akan mampu meningkatkan transfer daya listrik dan setiap tahunnya, kata dia, akan menghemat anggaran sebesar Rp 3,5 Triliun.

“Percepatan penyelesaian pembangunan IBT 3 Cibinong ini bukan tanpa kendala, tetapi dengan komunikasi dan sinergi dari semua stakeholder, alhamdulillah rintangan tersebut dapat diatasi. Dan dalam rangka menyambut hari jadi PLN ke 72, maka kami persembahkan ini sebagai kado ulang tahun dari PLN untuk masyarakat, ” tuturnya,

Hal senada dikatakan oleh general manajer PLN UIP JBT II, Amihwanuddin. Menurut dia percepatan dilakukan memang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun selain itu, tambah dia, beroperasinya IBT 3 Cibinong dapat memberikan manfaat bagi PLN didalam upaya menekan biaya pokok produksi listrik.

“Potensi penghematan BPP terjadi pada saat IBT 3 beroperasi sebesar Rp 3,5 Triliun per tahunnya, dengan mensubtitusi suplai daya dari pembangkit yang kurang efesiensi digantikan dengan suplai daya pembangkit yang lebih efisien dari sistem 5 kV. Penurunan BPP merupakan program PLN dalam rangka menyediakan listrik yang handal dengan tarif yang murah, ” bebernya. (has)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: