Bogor | Kabarindoraya.com

Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Rancabungur menyelenggarakan kursus orientasi Mabigus, kegiatan ini bertempat di SMAN 1 Rancabungur, Sabtu (07/11/20). Kegiatan ini, sebagai bahan pengenalan gerakan pramuka kepada para Kepala MI/SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA selaku Mabgus di satuan pendidikan masing-masing.

“Program yg dirancang oleh kwarran dan ini menjadi program pertama kepengurusan kwarran kami,” kata Ketua Kwarran Kec Rancabungur, Edi Wahyudi.

Pihkanya, memandang perlu mengadakan kegiatan ini sebagai upaya memperkuat dan membumikan pramuka di kecamatan Rancabungur.

“kegiatan ini sebagai upgrading jiwa kepermukaan para mabigus, dan ini menjadi kunci kemajuan pramuka Rancabungur,” ujarnya.

Sementara Kamabiran Kec Rancabungur Ishak Mairi menjelaskan kegiatan ini sangat positif karena berimplikasi kepada fungsi dan peran pramuka yang ada di satuan pendidikan di wilayah Rancabungur, karena merupakan bagian bentuk penguatan kelembagaan.

“Kami kira ini sangat baik, karena KO ini bisa memberikan gambaran untuh bagaimana mabigus berperan mengembangkan tujuan pendiidkan dan kepramukaan, dan pramuka mesti gercep” kata Ishak.

Dirinya pun mendukung penuh kegiatan kepramukaan di wilayahnya dengan catatan harus dikoordinasikan dengan baik sehingga tumbuh sinergi yang kuat untuk kemajuan kepramukaan di Kecamatan Rancabungur.

“Di Rancabungur pramuka berkembang itu melalui koordinasi yang aktif untuk kemajuan kepramukaan, dan langkah konkretnya dengan kegiatan orientasi mabigus ini,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kab. Bogor Agus Ridallah mengatakan, Gerakan Pramuka memiliki tujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

“Dari tujuan ini maka jelas, Mabigus memiliki peran penting membentuk generasi muda yang handal dan itu melalui gerakan pramuka yang mabigus pimpin,” kata Agus. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here