Bogor |  KabarIndoraya.com

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin menyebutkan bahwa Gerakan Pramuka dinilai mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter para pemuda. Hal ini dikatakannya saat membuka kegiatan perkemahan antar satuan karya tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Bogor, di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja, Kamis (6/10).

Sekda Burhanudin menjelaskan, hingga saat ini, Gerakan Pramuka dinilai mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter para pemuda karena berbagai aktivitasnya yang mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, toleransi, kepedulian, keterampilan dan kreativitas dikemas dalam kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan.

“Kegiatan perkemahan antar satuan karya Pramuka merupakan ajang untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan minat serta bakat Pramuka Penegak juga Pandega,” kata Burhanudin.

Burhanudin mengungkapkan, tantangan kedepan, tentunya akan jauh lebih kompleks untuk itu, setiap kita harus terus membekali diri dengan berbagai keterampilan agar menjadi pribadi terdidik yang produktif, berdaya saing, proaktif dalam menyikapi tantangan di era 4.0, serta mampu beradaptasi dengan perubahan dan siap berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kita, setelah mengikuti kegiatan ini para peserta semakin menguasai bidangnya, lebih kreatif, inovatif untuk peningkatan kapasitas diri dan berperan aktif dalam mendharmabaktikan diri kepada masyarakat dan untuk kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah peserta sebanyak 1.040 orang Pramuka Penegak dan Pandega, anggota satuan karya Pramuka se-Kabupaten Bogor, terdiri atas Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Wanabakti, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Adhyasta Pemilu, Saka Yudha Brama Jaya, dan Saka Taruna Bum

(Tubagus Arief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here