Bogor | Kabarindoraya.com

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Bogor kembali mengadakan kegiatan Diklat Tata Acara dan Upacara, kali ini kegiatan dilaksanakan di wilayah I yang meliputi kwarran Leuwisadeng, Nanggung, Cigudef, Sukajaya, Tenjo dan Parungpanjang. Kegiatan dilaksanakan di Yayasan Cendekia Muslim Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Rabu, (20/9/2020).

Kegiatan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan diantaranya pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak.

Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Kabupaten Bogor Dian Sukmawan mengatakan, kegiatan ini menjadi potret bagaimana pelaksanaan pembinaan pramuka muda di wilayah Kabupaten Bogor. “Kita terus marathon melakukan pembinaan, kali ini kita menggelar pembinaan anggota melalui diklat tata acara dan upacara,” kata Dian.

Menurutnya, proses kegiatan melalui diklat tata acara dan upacara sangat penting karena setiap anggota pramuka diwajibkan siap jika menjadi pengatur atau pelaku dari setiap acara diberbagai tempat.

“Menjadi seorang protokol dalam sebuah kegiatan tentunya membutuhkan Skill,Knowledge dan Attitude, dan kita memahami itu, makanya kita adakan kegiatan ini untuk menunjang kebutuhan acara di gugus depan atau di tingkat ranting,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, H. Agus Ridallah, mengatakan tidak mudah menjadi seorang petugas upacara karena dibutuhkan skill yang kuat dan latihan yang terus menerus. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memenuhi kemampuan setiap anggota pramuka penegak dan pandega di Kabupaten Bogor.

“Kita berharap dengan kegiatan, semua anggota pramuka memiliki frame yang sama mengenai acara dan upacara,” kata Agus.

Sejatinya, setiap anggota pramuka baik di gugus depan maupun di instansi lainnya mengetahui tata acara dan upacara karena ini memang menjadi sebuah keharusan dalam hal keprotokolan. “Kita ingin setiap acara mampu tersusun rapi, tertib dan tentunya memiliki makna yang mendalam dalam setiap penyelenggaraannya,” tandasnya.(sob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here