Bogor | Kabarindoraya.com

Ramainya informasi dan pemberitaan menyangkut Alumni Mahasiswa STISIP Syamsul Ulum Sukabumi bernama Eka Wardhana Nomor Induk Mahasiswa : 02010254, terkait dugaan ijazah palsu dan pencatutan gelar, pihak kampus STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, bersikap dan memberikan pernyataan resmi.

Ir. H. Fifi Kusuma Jaya, MM selaku pembantu Ketua 1 bidang akademisi, Aang Rahmatullah pembantu Ketua bidang kemahasiswaan dan alumni, Edwin Sujono Dosen STISIP dan Melan Maulana Alumni STISIP sekaligus Anggota DPRD Kota Sukabumi, hadir di aula STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, Jalan Bhayangkara, Kecamatan Gunung Puyuh.

Aang Rahmatullah pembantu Ketua bidang kahasiswaan dan alumni, mengatakan, berkaitan dengan masalah yang sedang di hadapi alumni STISIP atas nama Eka Wardhana, pihak STISIP sudah mendapatkan sebuah informasi langsung dari LL Dikti tentang verifikasi Ijazah atas nama EKA WARDHANA. Sebetulnya perlu saya sampaikan bahwa kalau berdasarkan verifikasi itu sudah selesai dari LL Dikti yang sudah melakukan verifikasi ke kampus dan itu dianggap sudah selesai tidak ada masalah.

“Saya nanti akan tunjukan bukti bukti verifikasi, berita acara dan lain sebagainya perlu saya sampaikan bahwa alumni kita ini Sdra Eka Wardhana ini salah satu satu mahasiswa yang sudah menjadi Alumni dan lulus di tahun 2006 dari STISIP Syamsul Ulum Sukabumi,” ungkap Aang mewakili pihak kampus STISIP.

Pihak kampus juga sudah menyampaikan kepada institusi terkait dari LL Dikti, bahwa sudah disampaikan faktor penunjang yang bisa mempengaruhi bahwa yang bersangkutan ini sebagai mahasiswa dan juga sebagai alumni pada tahun itu. Perlu disampaikan ada beberapa hal yang menjadi landasan beberapa informasi yang tersebar di Media bahwa ada salah satu indikasi pemalsuan ijazah. Ada yang menganggap bahwa kampus STISIP ini tidak ada, bahkan dalam momentum yang sangat strategis ini saya sampaikan.

1. kami atas nama pimpinan dari perwakilan STISIP Syamsul Ulum Sukabumi menjelaskan bahwa kami ini salah satu perguruan tinggi yang sudah exis dari tahun 1999 dan alhamdulillah sampai hari ini kami sudah mempunyai dua program studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan dan keduanya sudah terakreditasi B, Ini salah satu contoh dari BAN-PT disini ada dan sebagainya ini juga ada surat kejelasan dari intansi bahwa kita ini salah satu perguruan tinggi yang legal Formalnya jelas. Jadi tidak ada alasan kalau ada orang yang menyatakan kampus STISIP Syamsul Ulum Sukabumi ini tidak ada. Mungkin orang tersebut keliru dan tidak tahu persis tentang STISIP Syamsul Ulum Sukabumi.

2. Kenapa yang namanya lembaga itu berani menyampaikan bahwa tidak ada masalah dengan ijazahnya dari Eka Wardhana ini, karena kita sudah melakukan komunikasi, sudah melakukan yang namanya pembahasan secara langsung oleh LL DIKTI, verifikasi ijazah tersebut ini salah satu contoh surat yang sudah kami buat dengan LL DIKTI dan ini salah satu berita acara verifikasi ijazah tersebut bahwa ini tidak ada masalah dan sudah clear.

“Kita menjamin bahwa saudara Eka Wardhana ini sebagai salah satu Alumni dari STISIP Syamsul Ulum Sukabumi yang sudah menyelesaikan proses belajar mengajar dari tahun 2002 s/d 2006 dalam kurun waktu empat tahun disertai bukti bukti fisiknya ada. Ini salah satu keterangan dari pihak kampus sah di tandatangani oleh Ketua dan ada surat keterangan juga bahwa sudah terjadi verifikasi antara perguruan tinggi dan LL DIKTI, dan ada juga surat keterangan bahwa Ketua perguruan tinggi menyatakan yang bersangkutan benar mahasiswa STISIP Syamsul Ulum Sukabumi dan sudah dinyatakan lulus pada tahun 2006,” jelasnya.

Dengan seluruh kegiatan verifikasi serta bukti bukti, sehingga sangat keliru ketika ada informasi yang berhembus dilapangan bahwa yang namanya sdra Eka Wardhana ini mempunyai gelar palsu atau tidak kuliah itu. Pemberitaan atau tudingan itupun sangat merugikan lembaga STISIP Syamsul Ulum Sukabumi sebagai salah satu perguruan tinggi yang cukup tua di Sukabumi, Alumninya di mana mana, sudah ada yang menjadi Birokrat, Legislatif, di Kepolisian dan lain sebagainya.

“Ini salah satu perwakilan Alumni kita kang Melan Maulana, beliau anggota DPRD Kota Sukabumi dan juga sebagai ketua KNPI Kota Sukabumi, beliau ada di sini karena rasa memiliki akan kampusnya, kalau misalkan informasi ini tidak kita klarifikasi dalam arti akan menjadi salah satu berita bohong dan kampus atau lembaga akan sangat dirugikan, maka dari itu saya menuntut kepada pihak yang sudah mendreskriditkan nama Kampus STISIP Syamsul Ulum Sukabumi itu harus meminta maaf secara langsung kepada lembaga atau kami akan melakukan somasi dan tidak menutup kemungkinan akan menempuh jalur hukum baik pidana dan perdata,” tegasnya.

Dengan ini STISIP Syamsul Ulum Sukabumi menyatakan bahwa Eka Wardhana ini salah satu alumni mahasiswa resmi dan ijazah nya sudah di legalisir, termasuk juga bukti bukti penguat lainnya. “Saya kira itu penjelasan dari kami perwakilan dari lembaga STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, mudah mudahan bisa di pahami dan dimengerti terutama buat orang orang di luar sana yang memberikan sebuah informasi yang tidak valid dan lain sebagainya yang terakhir saya mendengar informasi bahwa ada kesalahan gelar dan lain sebagainya. Kita ikuti namanya aturan daripada lembaga Dikti dan lain sebagainya dari tahun 2000 s/d 2016 itu mau program study ilmu pemerintahan mau administrasi negara itu gelarnya sarjana ilmu politik baru di tahun 2017 ada namenlatur perubahan kalau administrasi negara itu menjadi sarjana administrasi publik gelarnya SAP kalau ilmu pemerintahan sekarang menjadi SIP Sarjana ilmu pemerintahan jadi tidak ada yang salah dengan gelar yang dipakai sama Eka Wardhana,” tutupnya.

(Red/***)

 

Berikut Bukti Dokumen dokumen dari STISIP Syamsul Ulum Sukabumi atas nama : Eka Wardhana

1. Sertifikat Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan keputusan BAN-PT nomor : 2719/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016. Menyatakan bahwa program studi Ilmu Pemerintahan, pada program sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Syamsul Ulum, Sukabumi terkreditasi dengan peringkat Terakreditasi B.

2. Sertifikat Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan keputusan BAN-PT nomor : 139/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2015. Menyatakan bahwa program studi Sarjana Administrasi Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Syamsul Ulum, Sukabumi terkreditasi dengan peringkat Terakreditasi B.

3. Surat Keterangan STISIP Syamsul Ulum Sukabumi nomor : 201/B.10/STISIP-SU/XII/2019. Yang ditandatangani, Nama : Dra. Hj. Fatmawati Pua Upa, MM. Jabatan : Ketua STISIP Syamsul Ulum, Menerangkan bahwa nama Eka Wardhana tersebut adalah benar mahasiswa pada STISIP Syamsul Ulum Sukabumi dan telah dinyatakan lulus pada tahun 2006.

4. Berita Acara Verifikasi Ijazah atas nama Eka Wardhana berdasarkan surat dari Direktur Pembelajaran nomor 124/E2.4/TU/2019 tanggal
18 november 2019 tentang Permohonan Verifikasi ljazah an Eka Wardhana, hasil
pemeriksaan dan verifikasi sebagai berikut:

1. Sehubungan dengan ijin operasional STISIP Syamsul Ulum masih beroperasi maka LLDIKTI Wilayah IV melakukan verifikasi berkas ijazah di Kampus STISIP Syamsul Ulum melalui Saudara Helmygia Meisa, S.Kom., S.Ip. sebagai operator PDDIKTI perguruan tinggi, disaksikan oleh Saudara Aang Rahmatulloh, S.Ip., M.M., M.Si. sebagai
Pembantu Ketua III STISIP Syamsul Ulum. Dari berkas Saudara Eka Wardhana yang didapatkan terdiri dari : Salinan Ijazah dan Transkrip. Sedangkan dokumen lainnya seperti KRS, KHS, DHMD, Skripsi dan SK Yudisium sedang dalam proses pengumpulan sesuai
surat keterangan dari STISIP Syamsul Ulum nomor 158/STISIP-SU/XI/2019.

2. Data riwayat pendidikan Saudara Eka Wardhana tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT).

5. SURAT KETERANGAN Nomor : 158/B.10/STISIP-SU/XI/2019. Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Dra. Hj. Fatmawati Pua Upa, MM
Jabatan :Ketua STISIP Syamsul ‘Ulum Sukabumi
Dengan ini kami menerangkan bahwa :
Nama : EKA WARDHANA
Tempat/Tgl. Lahir : Bogor, 15 Februari 1972
Nomor Induk Mahasiswa : 02010254
Seluruh dokumen serta lampiran-lampiran data yang bersangkutan (KRS, KHS, DHMD, Skripsi, SK Yudisium) sudah lengkap. Demikian Surat Keterangan ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

6. Ijazah atas nama Eka Wardhana dengan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) 02010254, pendidikan Sarjana, jurusan Ilmu Administrasi Negara, program studi Ilmu Administrasi Negara, tanggal kelulusan 11 November 2006. Status Terakreditasi berdasarkan keputusan BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, nomor : 018/BAN-PT/Ak-X/XI/2006. Ditandatangani Ketua Dr. H. D. Ismatullah Mahdi, SH. MH tertanggal 17 November 2006.

7. Transkip Akademik nomor : 257/Transkip/SU/2006. Atas nama Eka Wardhana.

(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here