Berita Daerah Bogor Raya Headline Internasional Kab Bogor Nasional News Pemerintahan Teropong Warga 

Tagana Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Pemantapan Kepada Para Anggota

127 Views

Cisarua Kabarindoraya.com | Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Rustandi membuka pelatihan pemantapan kepada para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor Tahun 2019, bertempat Griya Inkoppabri Cisarua Bogor, pada Selasa (9/7).

Dalam sambutannya Rustandi mengatakan Kabupaten Bogor merupakan salah satu Kabupaten yang paling sering terkena bencana dan memiliki tingkat risiko bencana  yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil Pendataan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mengenai indeks risiko bencana di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, pada tahun 2011 Kabupaten Bogor masuk dalam kategori 5 besar Kabupaten/Kota dengan indeks risiko bencana tertinggi.

“kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan pengelolaan penanggulangan bencana secara umum dibutuhkan oleh Kabupaten Bogor, yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk rencana penanggulangan bencana daerah dan rencana aksi daerah pengurangan risiko bencana di Kabupaten Bogor,”katanya.

Ia juga mengatakan berdasarkan pada kondisi dan tingkat kerawanannya, Pemerintah Kabupaten Bogor beserta jajarannya di bantu TNI dan Polri telah berupaya semaksimal mungkin untuk menanggulangi bencana alam agar mampu menekan resiko mungkin terjadi korban dan kerugian yang diakibatkan oleh bencana. Dengan prinsip cepat, tanggap dan tepat sasaran, agar korban bencana ini mampu secepatnya pulih kembali dan beraktivitas seperti biasa.

“bencana bukan merupakan tanggung jawab Pemerintah semata, oleh karenanya kepedulian peran serta masyarakat dan dunia usaha sangatlah di butuhkan dalam mengurangi risiko bencana sehingga diharapkan dapat bersama-sama dalam penanggulangan bencana di lapangan,”ujarnya.

Rustandi juga mengungkapkan tagana merupakan salah satu relawan di bidang kebencanaan yang berasal dari masyarakat, organisasi sosial, maupun individu yang mana secara khusus di latih di bidang kebencanaan baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Pemerintah Kabupaten Bogor, bencana, taruna siaga bencana ini dapat bergerak cepat, tepat dan berdaya guna.

“melalui pelatihan pemantapan tagana bidang shelter lapangan, dapur umun, logistik dan pisiko sosial diharapkan mampu meningkatkan kapasitas kemampuan dan keterampilannya, sehingga dalam upaya penanggulangan bencana pada saat maupun pasca bencana, mereka sanggup memberikan perlindungan sosial bagi korban bencana,”tandasnya. (Andi)

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: