Bogor | Kabarindoraya.com

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengapresiasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. Argha Karya Prima Industri dalam bentuk hibah gedung pemadam kebakaran (Damkar) sektor wilayah Citeureup. Hal tersebut disampaikan Iwan Setiawan pada acara peresmian dan penandatanganan berita acara serah terima Pos Damkar, di PT. Argha Karya Prima Industri, Citeureup, Selasa (22/6).
Wabup Iwan mengatakan, hari ini kita melaksanakan serah terima gedung Damkar sektor wilayah Kecamatan Citeureup. Ini adalah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. Argha Karya Prima Industri dalam bentuk hibah tanah, bangunan, beserta seluruh isinya.
“Ini luar biasa, kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PT. Argha Karya Prima Industri yang telah memberikan kontribusi nyata untuk pembangunan di Kabupaten Bogor. Mudah-mudahan gedung Damkar ini bisa melayani seluruh wilayah Citeureup dan sekitarnya bilamana terjadi musibah kebakaran,” terang Iwan.
Iwan menambahkan, sektor ini untuk melayani wilayah Citeureup dan sekitarnya dengan kekuatan 2 sampai 3 unit mobil Damkar dan 30 personel Damkar. Kita sedang berupaya terus meningkatkan pelayanan dengan membangun beberapa sektor di Wilayah Timur, mengingat kawasan ini adalah kawasan industri dan padat penduduk.
“Memang kemampuan kita terbatas, maka kerjasama dengan perusahaan melalui program TJSL ini sangat baik. Kalau hanya mengandalkan APBD, tidak mungkin. Terlebih saat ini kita semua tau, sedang fokus pada penanganan Covid-19. Insyaallah setiap tahun kita juga lakukan modernisasi peralatan Damkar secara bertahap, sehingga penanggulangan bencana kebakaran di Kabupaten Bogor dapat dilakukan dengan baik dan cepat,” ucap Iwan.
Wabup berpesan, Camat harus membangun komunikasi yang baik dengan para pengusaha, sehingga pengusaha bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan yang bersumber dari anggaran non-APBD. Salah satu buktinya adalah pembangunan gedung Damkar sektor wilayah Citeureup ini.
“Kemudian pesan saya untuk Dinas Damkar, berikan bimbingan teknis kepada industri dalam bentuk pembinaan dan pelatihan dalam deteksi serta penanganan dini terhadap musibah kebakaran. Hal ini penting agar bencana kebakaran bisa diminimalisir terutama di sektor-sektor industri,” kata Wabup Iwan Setiawan.
Selanjutnya, Direktur PT. Argha Karya Prima Industri, Jimmy Tjahjanto menjelaskan, tersedianya gedung Damkar menjadi sangat penting sebagai pendukung kelancaran seluruh kegiatan perekonomian di Kabupaten Bogor, khususnya di Kecamatan Citeureup. PT. Argha Karya Prima Industri sangat peduli pada semua kelancaran operasional baik di internal maupun masyarakat sekitar.
“Bentuk kepedulian ini kami tunjukan dengan program TJSL atau CSR berupa hibah sebagian tanah milik kami dan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor untuk membangun gedung Damkar yang nantinya akan difokuskan melayani wilayah Kecamatan Citeureup dan sekitarnya”, jelas Jimmy.