Jajang Nurjaman Direktur CBA : Program Samisade Diduga Disunat,Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Diminta Usut Tuntas

0
33

Ket Foto : Jajang Nurjaman Direktur CBA

 

 

Bogor | Kabarindoraya.com

Pemerintah kabupaten Bogor beretikat baik untuk memajukan desa-desa yang ada di kabupaten Bogor dengan menganggarkan Program Samisade ( Satu Miliar Satu Desa) dimana dana Samisade ini di anggarkan APBD Pemerintah Kabupaten Bogor, Program Samisade ini terealisasi saat kepemimpinan Ade Yasin -Iwan setiawan menjadi Bupati Bogor.

Dimana Program Samisade ini menjadi program unggulan pemkab Bogor untuk perkembangan Desa -desa yang ada di kabupaten Bogor, karena program Samisade ini untuk pembangunan infrastruktur Desa.

 

Pembangunan Infrastruktur Jalan Desa yang di gelontorkan dari dana Samisade Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2023 sebesar 1 Miliar Satu desa ,di desa Malasari kecamatan Nanggung, diduga dimanfaatkan untuk pembangunan jalan desa dengan pengerjaannya terkesan asal asalan ini dugaan  disunat oleh Kades Malasari, pasalnya saat tim kabarindoraya.com turun kelapangan beberapa waktu lalu saat pengerjaan, jelas terlihat dengan menggunakan peng Rabat Jalannya tidak sesuai dengan speck karena tidak menggunakan split dan alat berat untuk pemadatan jalan sebelum dilakukan betonisasi,ini akan berdampak kekuatan jalan tidak sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat.

Foto saat Rabat Jalan Kampung Nirmala Desa Malasari Kecamatan Nanggung Kurang Lebih Panjang 1 Kilometer

 

Terkait program Samisade, Center for Budget Analysis sejak program ini dijalankan oleh mantan Bupati Ade Yasin sudah menilai banyak masalah.

Masalah landasan hukum sampai teknis pelaksanaan sampai ke pengawasan sejak awal sangat lemah, sayangnya meski sudah berganti Bupati program bermasalah ini tetap dijalankan . Dampaknya seperti yang terlihat sekarang.

CBA menyarankan DPRD Kabupaten Bogor, menjalankan fungsinya sebagai perwakilan rakyat untuk mengevaluasi program Samisade, program ini harus dievaluasi dan penyimpangan yang telah terjadi harus segera ditindaklanjuti. Salah satu harapan ada di DPRD Kabupaten Bogor, untuk lebih proaktif mendorong APH Kejari Kabupaten Bogor dalam penindakan kasus korupsi dana Samisade, agar Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Usut Tuntas.

Dana Samisade Desa Malasari tahun 2023 Sebesar Rp 1 Miliar dibangunkan Jalan Desa Kampung Nirmala Panjang Jalan kurang lebih satu kilo meter lebih dengan luas tiga koma lima meter dengan Anggaran Satu Miliar Rupiah, akan tetapi pembangunannya terkesan Asal-asalan karena saat peng rabatan atau pemadatan tidak menggunakan alat berat stoom dan tidak memakai split langsung di cor atau betonisasi.

Sementara saat Kabarindoraya.com mengkonfirmasi ke Kepala Desa Malasari Andi Jaelani Firdaus di kantornya, cuma hanya menemui salah satu staf Desa, mohon maaf Pak, Pak Kades (Lurah)Red, Ia mengatakan jarang ke kantor Pak, bahkan satu tahun sekali paling ke kantornya, ucap salah satu staf desa sambil tersenyum.

 

Lebih lanjut kabarindoraya.com mencoba mengklarifikasi ke Pihak bendahara desa Ahmad Marjuki melalui ponselnya hingga berita ini diterbitkan tidak memberikan hak jawab konfirmasi dari kabarindoraya.com.

 

Al hasil kabarindoraya.com Konfirmasi ke Camat Nanggung,” Ae, Rabu 27/3/2024 melalui ponselnya, Ia mengatakan bahwa terkait pembangunan infrastruktur jalan di kampung Nirmala Desa Malasari kecamatan Nanggung, Ia mengatakan hubungi saja pihak PPK nya Ambon nanti saya kirim nomor hapenya Kang.

PPK Pembangunan Infrastruktur Jalan kampung Nirmala Desa Malasari ini, “Ambon, Melalui ponselnya saat dikonfirmasi kabarindoraya.com, Ia mengatakan saat ini kami sedang merapikan pembangunan jalan, terkait tidak menggunakan alat berat berupa stom, Ambon mengiyakan, karena lokasinya tidak memungkinkan, Kami hanya memakai Molen, terkait tidak memakai split, “Ambon, tidak memberikan jawaban yang jelas, besok kita ketemu lah Kang kita kopi darat saja ucapnya,” Ke kabarindoraya.com

 

(Sofwan/Ilyas)

 

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini