Krui | Kabarindoraya.com

Pelaksanaan pemilihan peratin (Pilperatin) serentak di 68 pekon di kabupaten pesisir barat (Pesibar) yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juli 2022, tinggal menghitung hari.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (PMP) kabupaten Pesibar, Nursin Chandra mengatakan 68 pekon yang akan diselenggarakan Pilperatin serentak pada tahun 2022 ini tersebar di 11 kecamatan yang ada dalam wilayah kabupaten itu.

“68 Pekon, tersebar di 11 kecamatan. Total ada 159 TPS, dan 221 calon peratin yang maju dalam pilperatin serentak tahun ini ” kata dia, usai deklarasi damai Pilpratin serentak tahun 2022 kabupaten Pesibar yang diselenggarakan di GSG Krui, pantai labuhan Jukung kecamatan pesisir tengah, Senin 18 Juli 2022.

Pihaknya berharap peran serta seluruh elemen masyarakat dan pemerintah agar kontestasi politik serentak di tingkat Pekon tersebut berlangsung kondusif aman terkendali, menghasilkan para pemimpin amanah jujur dan adil. pilihan terbaik dari masyarakat di Pekon masing masing.

Pada deklarasi damai yang diikuti oleh seluruh calon peratin dan di isi dengan kegiatan pembacaan Naskah Ikrar Calon Peratin, dilanjutkan penandatanganan Deklarasi Damai Pilperatin Serentak, disaksikan para pejabat terkait.

Bupati pesisir barat Agus Istiqlal, yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan & Kesra Audi Marpi, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk menciptakan pesta demokrasi di tingkat desa, agar terlaksana dengan sukses dan damai di tengah-tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh Calon Peratin untuk mematuhi segala aturan terkait dengan pemilihan Peratin sesuai peraturan yang sudah disampaikan,” kata dia.

Sementara Kapolres Lampung Barat, Heri Sugeng Priyantho, mengatakan untuk menjadi pemimpin yang baik harus di awali dengan perbuatan yang baik pula. Calon Peratin di harapkan tetap menjaga suasana kondusif bersama simpatisan agar pesta demokrasi ini berjalan lancar dan damai.

“Saya harapkan apa yang di deklarasikan ini sama-sama kita jaga, mulai saat ini saya tidak mau ada kejadian yang tidak di ingin dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Pesibar, apa bila ada yang mencoba untuk membuat onar dan kerusuhan dalam pesta demokrasi ini, tidak segan segan saya bersama rekan TNI akan menindaknya,” kata Kapolres.

Acara deklarasi juga dihadiri Dandim 0422/Lambar, Kajari Lambar, anggota DPRD Pesisir Barat, jajaran Kepala OPD, Camat, panitia pemilihan Peratin tingkat kabupaten dan Pekon.

(Wari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here