SMA Negeri 14 Kota Bekasi Meluncurkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Aksi Nyata

0
177

 

Bekasi | Kabarindoraya.com

SMAN 14 Kota Bekasi, sebuah sekolah menengah atas yang terletak di Kota Bekasi, Jawa Barat, telah meluncurkan proyek inovatif Kearifan lokal yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila dalam rangka mendukung aksi nyata makanan lokal. Proyek ini diinisiasi oleh sekolah tersebut sebagai upaya untuk membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila dan berperan aktif dalam menjaga exsisnya kearifan lokal di Indonesia.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 14 Kota Bekasi didukung sepenuhnya oleh sekolah dan para orang tua/wali murid.Tujuan proyek yang masuk dalam kurikulum pembelajaran ini adalah untuk membekali siswa dengan pengetahuan yang kokoh tentang Pancasila sebagai dasar negara, serta mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan membuat makanan-makanan lokal sunda dan Betawi di lingkungan sekitar mereka.

Salah satu langkah penting dalam proyek ini adalah pengembangan kurikulum yang mencakup pelajaran tentang Pancasila, demokrasi, hak asasi manusia, serta pemahaman yang mendalam tentang sistem pemerintahan dan politik di Indonesia.

Kurikulum ini dirancang agar siswa dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, SMAN 14 juga telah mengadakan berbagai kegiatan Praktik-Praktik yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang kearifan Lokol

Kegiatan ini mencakup pembuatan makanan-makanan lokal jawa barat” Ada nasi liwet,lauk pauk,bajigur.Lokal Betawi ada” Ongol-ongol,karedok,asinan Betawi.Simulasi pembuatanya semua di inisiasi oleh siswa siswi klas X,karena untuk kelas XI dan XII ada topik tersendiri.Untuk itu semua dari mulai pembuatan Proposal,pengumpulan dana,membentuk kelompok,penyediaan bahan,sampai pengolahan ingga siap di sajikan yang tujuanya agar siswa siswi paham konsep-konsep dasar dalam pembuatan makanan dan bisa mendapatkan nilai tambah ekonomi .

Sekolah ini juga sangat berterimakasi kepada Dr. Harti Supriatin S.Pd M.Pd Wakasek Kurikulum, Juga di berikan penanggung jawab sebagai “Penjamin Mutu yang berfokus pada “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).Untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada siswa dalam, Agar siswa dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berperan aktif dalam masyarakat dan berkontribusi positif dalam menjaga Kearifan Lokal.

Kepala Sekolah SMAN 14 Kota Bekasi Drs.Suwono M.Si.Menyatakan, “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menciptakan generasi penerus yang berintegritas, memiliki kesadaran Kearifan lokal, dan aktif dalam menjaga demokrasi di negara kita. Kami berharap bahwa melalui proyek ini, siswa kami dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.Hal ini akan memberikan inspirasi kepada siswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya Kearifan Lokal dan keikutsertaan aktif dalam masyarakat yang lebih luas nantinya.

(AD)

 

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini