Bogor | Kabarindoraya.com

Kepemimpinan menjadi suatu hal yang mesti disiapkan karena dari generasi ke generasi kepemimpinan selalu berubah dan dipersiapkan. Mengingat pentingnya proses itu, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor menyelenggarakan kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) Tahun 2022 di Villa Bambu Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor, Kamis s.d Jumat (17-18/22).

Kepala MAN 2 Bogor Deden mengungkapkan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan.

“Semua pengurus OSIS MPK dan pimpinan Eskul yang baru harus mengikuti LDKS karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat,” kata Deden.

Dirinya menambahkan, LDKS ini diadakan setelah Reorganisasi Pengurus OSIS dipilih dan anggota kegiatan ekstrakurikuler yang telah dinyatakan dterima dilantik menjadi bagian organisasi secara penuh.

“LDKS dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif,” imbuhnya.

Sementara itu, Pembina OSIS MAN 2 Bogor Saep Sukandar mengatakan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin.

“Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat,” kata Saep.

Dirinya berharap, setelah mengikuti kegiatan ini para pengurus OSIS, MPK dan Ketua Eskul di MAN 2 Bogor bisa menerapkan materi-materi yang telah diberikan dalam kegiatan ini.

“LDKS ini menjadi proses awal pembentukan nilai-nilai organisasi, kepemimpinan dan diharapkan nanti bisa diterapkan Ketika mimpin organisasinya masing-masing, sehingga nanti bisa terbentuk kepemimpinan yang baik untuk generasi yang akan datang,” pungkasnya.

(sob)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here